text maarque kanan

INGATKAN DIRIMU UNTUK MENGATUR SEGALA SESUATU SUDAH DI ATUR ALLOH

salju

Rabu, 30 November 2011

Tips

TIPS MENGISI ULANG TINTA PRINTER YANG AMAN
Harga Tinta Catridges Printer yang kita gunakan boleh dikatakan sangatlah mahal dibandingkan dengan Sebuah printer baru yang kita beli.   Pada umumnya produsen printer sengaja memberikan harga yang murah pada printer produksinya, akan tetapi begitu tinta printer yang disertakan pada printer baru tersebut habis, disitulah kita berpikir dua kali untuk mengganti PRINT HEAD cartridges yang ORIGINAL. Harga cartridges yang original boleh dikatakan adalah separuh harga printer baru yang kita beli, sebagai contoh kasus adalah seperti yang teman saya alami, begini.., beberapa waktu lalu teman saya membeli sebuah printer bermerk CANON type IP1800 yang saat itu merupakan printer idola dengan harga yang cukup lumayan, teman saya membeli printer itu dengan harga US$ 49,5 atau sekitar 500.000,- an rupiah, selang beberapa minggu teman saya menggunakan printer tersebut, PROGRAM PRINT DOCUMENT yang menjadi satu dengan DRIVER printer tersebut mengeluarkan peringatan bahwa tinta printer yang teman saya gunakan hampir habis, padahal teman saya itu baru mencetak DUA BUAH FOTO ukuran A4 dengan kertas Glossy. Mengapa hanya sedikit sekali isi tintanya pikir saya. Sebelum jauh lagi teman saya menggunakan printer itu, saya menyarankan untuk mencoba bertanya ke toko tempat teman saya membeli printer tersebut, saya dan teman saya tersebut pergi berdua ke toko tersebut setelah tiba disana menurut penjual printer tersebut TINTA CARTRIDGES yang dibeli satu paket dengan printer tersebut TIDAK DIGARANSI, uh.., pantas harganya murah pikir saya, dan ketika saya tanyakan harga cartridges original kepada toko tersebut harganya 275.000,- rupiah satu set (Terdiri dari dua cartridges yaitu hitam dan warna) wow.., harga cartridges original sama dengan setengah harga printer yang dibeli teman saya beberapa waktu lalu, akhirnya saya sarankan untuk membeli tinta suntik saja.
Teman saya menyuntik sendiri tinta cartridges yang habis tersebut, tetapi apa yang terjadi..?, printer tersebut menjadi macet dan tidak mau melakukan tugasnya, teman saya langsung menghubungi saya dan menceritakan kepada saya tentang kerusakan printer tersebut, saya pun bergegas ketempat teman saya ternyata yang membuat printer tersebut tidak berfungsi adalah software printer tersebut terus menerus mengeluarkan peringatan bahwa tinta pada cartridges telah habis dan pencetakan tidak bisa dilakukan, pada dialog software tersebut hanya ada pilihan CANCEL PRINTING tidak ada yang lain. Padahal kalau secara fisik tinta tersebut penuh sebab baru disuntik, dan kalau saya tempelkan tisue di printhead nya semua warnanya keluar. singkat cerita printer tersebut sekarang telah berfungsi lagi seperti semula, mengapa bisa demikian..?, dibawah ini saya berikan TIPS untuk menyuntik Cartridges Tinta dengan aman agar tidak terjadi hal seperti yang dialami oleh teman saya tersebut.
  1. Sebelum Anda menyuntikan tinta printer, Matikan dahulu printer anda kemudian putuskan hubungan printer dengan komputer dengan cara mencabut kabel yang menghubungkannya, bila printer berjenis USB cabutlah kabel USB tersebut, bila berjenis PARALEL cabutlah kabel Paralel tersebut.
  2. Hidupkan printer Anda, dan bukalan COVER nya untuk melepas Cartridges yang akan disuntik. Setelah cartridges yang akan kita suntik dikeluarkan putuskan aliran listrik tanpa menutup COVER tadi, jadi posisi cartridges tetap berada pada posisi RELOAD. Sekarang suntiklah Cartridges tersebut, setelah itu taruh kembali cartridges tersebut pada tempatnya dalam kondisi printer mati, COVER tetap terbuka, dan posisi tempat cartridges berada pada posisi RELOAD.
  3. Setelah Cartridges diletakkan kembali ketempat semula, Tutup COVER printer sekarang hidupkanlah printer Anda, setelah Printer dihidupakan maka printer akan membawa Cartridges keposisi UNCLOG dan siap untuk mencetak. Matikan kembali printer tersebut, sekarang pasanglah kabel yang menghubungkan printer dengan komputer, setelah itu hidupkan kembali printer anda dan siap untuk mencetak.
  4. Jangan biarkan tinta pada cartridges Anda sampai habis total (Kering). Suntiklah cartridges tinta Anda sesegera mungkin sebelum habis total.
  5. Jangan terlalu banyak mengisi tinta suntik pada cartridges cukup 5 sampai 8 tetes saja.
  6. Gunakan Tisue untuk menahan serta membuang kelebihan tinta (Over Load) di Lubang NOZZLE ketika melakukan penyuntikan, bila terjadi OVERLOAD biarkan tinta tersebut keluar dengan sendirinya melalui lubang NOZZLE jangan di lap dengan tisue, sebab bisa menimbulkan kemacetan pada lubang NOZZLE.
  7. Usahakan tidak melubangi atau memperbesar lubang udara pada cartridges tempat kita menyuntikan tinta, carilah jarum suntik yang berdiameter kecil agar bisa masuk melalui celah udara yang ada, kira-kira berdiameter 0,5 mm.
  8. Gunakan tisue basah untuk membersihkan cartridges, terutama dibagian NOZZLE nya agar tidak meleber, bila menggunakan tissue kering kemungkinan partikel tissue akan menutup lubang NOZZLE dan Catridges menjadi macet.
  9. Bila Masa Garansi Printer Anda sudah habis, rawatlah printer Anda dengan membersihkan spindle penarik kertas dengan kuas yang halus agar debu yang menempel tidak menghalangi Spindle tersebut.
  10. Bila ada waktu bukalah printer Anda dan bersihkan selang pembuangan tinta beserta canvasnya, Perlu juga Anda ketahui bahwa EPROM yang berisi program printer, seperti BIOS di Motherboard menampung informasi tinta melalui tekanan udara ketika dia startup atau dihidupkan, bila selang pembuangan sisa tinta ini macet maka EPROM akan mengeluarkan pesan kerusakan pada printer sehingga printer tidak berfungsi lagi.
  11. Kalau bisa jangan menghidupkan dan mematikan printer secara berulang-ulang, Bila printer sudah dihidupkan, biarkan saja dia hidup sampai anda tidak memerlukannya lagi. Perlu juga Anda ketahui bahwa setiap kali printer dihidupkan maka printer akan melakukan UNCLOG yaitu pembersihan lubang NOZZLE secara otomatis khususnya printer jenis INKJET, hal ini akan berakibat pada pemborosan tinta yang kita gunakan, cobalah anda bayangkan bila setiap kali UNCLOG printer menyerap tinta sebanyak 0,5 ml, maka dalam 60 kali UNCLOG proses tersebut telah membuang sekitar 30 ml tinta pada cartridges, ini sama saja dengan isi satu cartridges tersebut.
  12. Belilah tinta suntik yang mempunyai daya serap yang sedang, hal ini dapat anda ketahui dengan meneteskan kira-kira 0,5 ml tinta tersebut pada kertas 80 gr tunggu kira-kira selama 30 detik, kemudian sentuhlah dengan jari tetesan tinta pada kertas tersebut. Bila tidak meleber atau pecah berarti tinta tersebut mempunyai daya serap yang tinggi, memang bagus akan tetapi bila kita menyuntikkan nya pada cartridges kemungkinan penyumbatan pada lubang NOZZLE juga tinggi.   Yang terbaik menurut saya adalah daya serap tinta sebanyak 0,5 ml terhadap kertas 80 gr adalah sekitar 72 detik, dari mana saya mengetahui hal ini..? tentu saja melalui test terhadap beberapa merk tinta yang ada dipasaran, tidak percaya buktikan saja sendiri.
  13. Test printer Anda dengan mencoba mencetak dokumen yang mempunyai sebanyak mungkin warna yang berlainan serta huruf-huruf berukuran besar sampai yang kecil untuk melihat hasil cetak printer Anda serta cobalah mencetak sebuah tabel seperti dokumen MS EXCEL, bila garis dari tabel tersebut terlihat ada yang patah berarti Anda harus mencobanya lagi sampai garis tersebut benar-benar rata. Berikut ini saya sertakan DOKUMEN untuk mencoba printer Anda, Dokumen ini hanya bisa dibuka dengan FREEHAND MX (Colour print test.fh11), jadi anda harus menginstalasi Freehand MX untuk membuka file ini, serta di cetak juga melalui software ini, klik kanan link dibawah ini lalu pilih SAVE TARGET AS, untuk mendownload nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar