text maarque kanan

INGATKAN DIRIMU UNTUK MENGATUR SEGALA SESUATU SUDAH DI ATUR ALLOH

salju

Rabu, 16 November 2011

otomotif

Tips Menghadapi Kondisi Darurat Saat Mudik 8 September 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , ,
add a comment
Anda sudah siap berangkat mudik menuju kampung halaman? Ada baiknya mengantisipasi berbagai kemungkinan risiko yang bisa terjadi di sepanjang perjalanan. Maklum, seiring dengan arus mudik, jalanan bisa saja macet karena kendaraan pemudik tumplek blek dalam waktu bersamaan.
Sehingga, bila terjadi gangguan pada mobil akan semakin menambah kerepotan Anda. “Memang idealnya, bila ada gangguan langsung ke bengkel. Tetapi siapa yang bisa memperkirakan saat ada gangguan jarak bengkel dekat dari posisi kita berada?” tutur Pung Sugiarto, Instruktur Senior Safety Driving Perusahaan Ban, di Jakarta, Senin (6/9).
Banyak ragam gangguan yang kemungkinan terjadi di jalanan saat Anda mudik. Namun, gangguan yang kerap atau umum dihadapi pengemudi yang menempuh perjalanan jauh dan macet adalah ban pecah, radiator bocor, mesin overheating, lampu mati karena skring putus, serta kaca bagian dalam mobil berembun.
Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut tips dari Pung:
1. Ban pecah
Bila Anda mengalami kejadian seperti ini, langkah pertama adalah jangan panik. Usahakan untuk tetap tenang sembari mengurangi kecepatan mobil secara perlahan-lahan. Jangan menginjak pedal rem secara tiba-tiba dan dengan hentakan keras. Pasalnya – bila mobil dalam kecepatan tinggi- cara seperti itu justru akan membuat mobil oleng dan terguling.
Bila mobil berhasil Anda kuasai, dan kecepatan berangsur menurun segeralah menepi ke tempat yang aman.
2. Radiator bocor
Gejala kebocoran radiator memang sulit diketahui. Umumnya, para pengemudi mengtehaui hal itu saat melaju kencang dan tiba-tiba muncul kepula asap dari balik kap mobil. Terkadang, gejala bisa diketahui saat timbul suara yang menyerupai suara seruling.
Menghadapi situasi seperti itu jangan panik. Upayakan untuk tetap tenang dan tetap konsentrasi mengendalikan mobil. Segeralah menepi dan matikan mesin mobil. Langkah selanjutnya buka kap mobil dan tunggu hingga mesin benar-benar dingin.
Setelah itu buka tutup radiator dan tuangkan cairan coolant atau air minum dalam kemasan sembari mencari bagian mana yang bocor. Bila sumber kebocoran telah ditemukan tamballah dengan lem radiator. Lem ini banyak tersedia di toko-toko onderdil.
Tunggu 20 – 30 menit untuk memastikan lem benar-benar merekat kuat, setelah itu tambahkan cairan hingga batas sesuai anjuran.
3. Mesin overheat
Akibat radiator bocor dan cairan habis mesin mengalami panas yang melebihi batas. Kondisi ini bisa mengakibatkan kendaraan mogok, bagian-bagian mesin melenting, bahkan mobil bisa terbakar. Namun, jangan panik bila menemui gejala mesin mulai memanas.
Segeralah mengarahkan mobil ke tepi jalan dan langsung matikan mesin dan langsung buka kap mobil. Tetapi ingat, jangan langsung membuka tutup radiator karena sisa cairan yang bersuhu lebih dari 100 derajat Celsius bisa muncrat tiba-tiba. Tunggulah 20 – 30 menit.
Setelah itu isilah radiator dengan cairan coolant atau air minum dalam kemasan sesuai dengan takaran atau ukuran yang dianjurkan dalam kondisi mesin dihidupkan. Pada saat bersamaan amati apakah cairan radiator kurang, bila ya segera tambahi, tetapi jangan melebihi batas maksimal.
4. Sekring lampu putus
Bila lampu tiba-tiba padam karena sekring putus, segeralah menepi. Tindakan selanjutnya, lepas terminal lampu. Kemudian sambung terminal negatif lampu ke terminal negatif aki. Begitu pun dengan terminal plus lampu ke terminal plus aki.
Oleh karena itu sangat disarankan, sebelum Anda berangkat menjalani prosesi mudik sebaiknya membawa cadangan bohlam, kabel, serta perlatan pendukung seperti obeng, tes pen, cutter, isolasi, serta gunting.
5. Kaca dalam berembun
Perjalanan mudik kali ini, barangkali Anda akan ditemani guyuran hujan. Maklum saat ini cuaca memang sulit ditebak. Saat hujan mengguyur, anda mau tak mau harus menutup kaca pintu mobil dan mengaktifkan peranti pendingin ruangan (AC). Pada saat seperti itu ada kemungkinan, tiba-tiba kaca depan berembun.
Tak usah risau bila hal itu terjadi. Bila anda membawa shampoo atau sabun colek, ambil sedikit dan letakkan di ujung lap yang telah dibasahi, tetapi jangan terlalu basah cukup lembab saja.
Setelah itu, oleskan pada bagian kaca yang berembun. Unsur kimia yang ada di shampoo atau sabun colek akan membantu menjernihkan kembali kaca mobil anda setelah bereaksi dengan udara yang disemburkan AC.
6. Saat wiper tak berfungsi
Tindakan seperti nomor 5, juga bisa Anda lakukan saat wiper atau karet penghapus air tidak berfungsi. Caranya hampir sama, tetapi sabun atau shampoo oleskan di kaca luar dengan arah melintang dari kiri ke kanan atau sebaliknya di bagian atas kaca.
Unsur kimia di sabun atau shampo, akan menggelincirkan air yang mengguyur kaca. Sehingga pandangan anda tidak akan terganggu. Karena itu, bawa sabun colek atau shampo untuk melengkapi perlengkapan mudik anda.
Itulah tips ringan yang bisa anda lakukan saat menghadapi kondisi darurat di tengah perjalanan mudik ke kampung halaman.
sumber : tempointeraktif.com

Cardok, garasi bawah tanah 7 September 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , , ,
add a comment
Ingin memiliki ruang lebih di halaman rumah anda, tapi bingung mau menaruh mobil dimana. Nah, sekarang ada tren baru sebuah garasi bawah tanah yang bisa menyembunyikan mobil anda.
Dinamakan Pop-Up Cardok Garage, sistem ini menggunakan sistem hidrolik yang tidak berisik. Mobil Anda bisa naik turun cukup dengan menekan tombolnya. Ketika Anda tidak membutuhkannya, mobil bisa tersimpan di bawah tanah, sehingga tidak memakan ruang halaman.
Ide ini terinspirasi dari film seri jadul Thunderbirds. Di film itu ada hangar pesawat yang tersimpan di bawah tanah Tracy Island. Hangar itu bisa menaik-turunkan peluncur roket. Dan akan sangat efisien bila diterapkan di rumah Anda.
Pengoperasiannya pun mudah, hanya dengan memencet tombol pada kunci elektronik, seperti halnya kunci mobil anda.
Cardok Managing Director, Alastair Soper berkata, “Cardok 100 persen aman, jauh lebih efisien dari sebuah garasi biasa, dan kendaraan benar-benar terlindungi,” ujarnya seperti dilansir Daily Mail.
Garasi bawah tanah ini dikenalkan di Inggris pada tahun lalu. Sebagai perbandingan, seorang yang memiliki Bentley akan dikenakan premi pertahunnya sebesar 5.000 poundsterling ketika memarkir mobilnya di pinggir jalan. Sementara dengan memasang Cardok di rumah, ia hanya akan keluar biaya 1.500 poundsterling.
Halaman rumah Anda juga bisa tetap cantik, karena atapnya bisa dijadikan taman, dan Anda bisa meletakkan tanaman, sementara di bawahnya mobil Anda aman terparkir.
Atau bila Anda memiliki mobil lebih dari satu, Cardok juga bisa dibuat bertingkat, sehingga dalam satu area halaman, Anda bisa memarkir dua mobil sekaligus
sumber  : detik.com

Tips mengemudi malam hari 6 September 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , ,
add a comment
Berkendara di malam hari saat mudik? Bagi sebagian orang, menjalani prosesi menuju kampung halaman tercinta itu memang  lebih asyik bila dilakukan pada malam hari. Selain menghindari  sengatan sinar matahari, berkendara di malam hari – terutama saat berpuasa – tenaga juga penuh.  Konsentrasi pun dirasa juga lebih mudah.
Hanya, banyak yang tidak menyadari bahwa sejatinya potensi risiko di malam hari juga lebih besar. Maklum, pada saat itu kondisi jalanan juga tidak seterang benderang di siang hari. Walhasil, pandangan juga terbatas.
Lantaran itulah, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan oleh calon pemudik yang ingin berkendara di malam hari. “Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah, kondisi lampu depan, belakang, sein benar-benar masih baik dan pastikan kaca kotak masing-masing lampu bersih. Selain itu seluruh kaca mobil harus bersih,” kata Zulhelmi, Service Advisor Anugerah Motor, Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (3/9).
Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan sebelum menjalani prosesi mudik dan berkendara di malam hari seperti yang disarankan Helmi.
1.Cek kondisi lampu
Anda bisa melakukan sendiri atau membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pengecekan kabel kelistrikan, terutama yang berkaitan dengan lampu. Langkah ini perlu dilakukan karena seiring dengan usia mobil, kabel kelistrikan juga aus atau getas.
Sehingga saat terjadi guncangan atau getaran bisa saja kabel terputus. “Atau tidak putus tetapi mengelupas. Tentu, ini tidak saja menyebabkan lampu berpotensi putus juga rawan korslet,” kata Helmi.
Setelah mengecek kabel dan bohlam lampu utama (depan), lampu kabut, lampu belakang, dan lampu sein langkah selanjutnya memastikan arah sinar lampu. Pastikan arah sinar lampu tidak mengarah langsung ke kaca depan mobil lain saat mobil anda berpapasan dengan mobil lain.
“Karena lampu yang menyilaukan pengemudi dari arah berlawanan menyebabkan mereka kehilangan fokus pengelihatan, sehingga rawan terjadi kecelakaan,”  terang Helmi.
2. Bijak menggunakan lampu sesuai fungsi
Bila jarak pandang anda terhadap obyek yang berada di depan terbatas, anda boleh menyalakan lampu jauh. Lebih dari itu, dengan menggunakan lampu ini pengemudi lain juga mengetahui keberadaan anda.
Namun, lampu jauh bisa anda pergunakan sejauh sinarnya tidak mengarah langsung atau menyilaukan pengemudi dari arah berlawanan.
3.Jaga jarak dan kecepatan
Sebagai langkah antisipasi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, sebaiknya anda menjaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan anda. Pasalnya, di saat malam hari sulit untuk memastikan jarak antara mobil anda dengan kendaraan yang berada di depan.
Selain itu, kita juga tidak bisa memperkirakan kemungkinan yang dihadapi oleh pengemudi kendaraan di depan kita.  “Seiring dengan menjaga jarak yang aman dengan dengan kendaraan di depan, yaitu sekitar 10 – 15 meter, sebaiknya anda juga tetap menjaga kecepatan mobil anda secara konstan,” tandas Helmi.
4. Hindari merokok
Meskipun anda seorang perokok berat, upayakan sebisa mungkin untuk tidak merokok di saat mengemudikan mobil. Pasalnya, asap rokok  yang mengandung nikotin dan karbonmonoksida yang anda semburkan akan mengganggu kemampuan mata. Karbonmonoksida menyebabkan mata perih, sehingga konsentrasi anda akan terganggu.
5. Hindari sorot cahaya dari arah berlawanan
Bila anda berpapasan dengan mobil dengan sorot cahaya lampu yang terang benderang, jangan sekali-kali memandangnya.  Alihkan pandangan anda dengan cepat kea rah kiri. Selain menghindari terjadinya ‘buta sementara’ karena silau, dengan melihat ke sisi kiri anda juga masih bisa melihat panduan arah jalan.
6. Jangan lupa istirahat
Berkendara di malam hari memang tidak seberat di saat siang hari.  Pasalnya, di malam hari sengatan sinar matahari pada siang hari membuat cairan tubuh banyak terkuras. Walhasil, badan gampang cepat lelah.
Namun, meski tidak merasakan kelelahan sebaiknya anda menyempatkan diri untuk beristirahat. Selain untuk memberi kesempatan mesin mobil beristirahat juga untuk mengendorkan otot-otot yang kaku. Ingat otot yang kaku, menjadikan refleks kita juga berkurang.
“Lebih dari itu berkendara yang baik adalah saat otot-otot kita juga santai agar refleks tinggi, sehingga siap menghadapi berbagai kemungkinan,”  papar  Helmi.
Jangan lupa memilih tempat istirahat yang benar-benar aman dan tidak di bahu jalan.
7. Jangan lupa bawa lampu senter
Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi di saat anda berkendara di malam hari. Gangguan mesin misalnya. Di saat itulah anda sangat membutuhkan lampu penerangan. Gunakan lampu senter untuk penerangan dan jangan sekali-kali menggunakan api  baik dari korek api maupun sumber lainnya, karena hal itu sangat membahayakan.
Itulah beberapa hal yang patut anda perhatikan sebelum anda menjalani prosesi mudik di malam hari.
sumber : tempointeraktif.com

Tips mengemudi saat hujan 6 September 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , ,
add a comment
Anda bersiap untuk melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi? Bersiaplah dengan berbagai kemungkinan : mengemudi di saat cuaca kering dan basah. Pasalnya, saat ini kondisi cuaca tak menentu. Langit cerah dan sinar matahari terik, tiba-tiba berganti mendung dan hujan.
Lantas, apa saja yang harus dilakukan agar kegiatan mengemudi tetap aman, nyaman dan lancar? “Kondisi mesin dan komponen penunjang keselamatan serta keamanan yang prima, maupun cara mengemudi yang benar adalah kunci utama,” tutur Abdul Wahid, Kepala Mekanik Auto Mekanika, Parigi, Bintaro, Ahad (5/9).
Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan mudik dimulai, diantaranya:
1. Pastikan kondisi ban
Satu hal yang harus dipastikan sebelum melakukan perjalanan adalah tekanan ban, apakah sudah sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan? Ban yang kurang agin selain menyebabkan beban semakin berat juga menyebabkan mobil tidak lincah diajak bermanuver.
Anda juga wajib mengecek kondisi ukiran atau kedalaman tapak ban. Pasalnya, tapak ban yang baik mencegah mobil tergelincir atau slip terlebih di saat kondisi jalanan basah.
Peranti lain yang wajib mendapat perhatian adalah rem. Pengecekan di bengkel, tentunya bukan dalam kondisi basah, sehingga kondisi bisa berbeda di saat kondisi hujan.
2. Jangan mengebut
Saat air hujan tumpah dari langit dan mengalir ke jalanan banyak sekali mengangkut kotoran dan lumpur. Tak ayal jalanan pun menjadi licin dan kendaraan mudah tergelincir.
Menghadapi kondisi ini, kemudikan mobil dengan kecepatan rendah. Pasalnya di lintasan berair – terlebih campur lumpur – cengkeraman karet ban terhadap permukaan jalan juga berkurang.
Meski mobil anda telah dilengkapi fitur canggih yang bisa menyesuaikan kemampuan rem serta traksi ban dengan kondisi lintasan berair, sebaiknya jangan spekulasi.
“Dengan berjalan perlahan-lahan, maka anda akan lebih mudah menyesuaikan dengan perubahan cuaca, terutama untuk mendapatkan daya cengkeram roda lebih baik,” tutur Wahid.
3. Menghindari aliran air deras
Aliran air hujan yang deras, bisa saja jauh lebih kuat ketimbang laju mobil anda. Sehingga, gelontoran air seolah mengangkat ban mobil dari permukaan lintasan dan mengarahkan mobil ke jalur lain.
Menghadapi situasi ini, jangan langsung menginjak rem mendadak, karena mobil bisa tergelincir. Sebagai gantinya kurangi gas secara perlahan. “Bila harus menginjak rem lakukan dengan cara seperti memompa dan ulangi beberapa kali secara perlahan-lahan,” saran Wahid.
Namun, bila mobil anda telah dilengkapi dengan peranti Antilock Braking System (ABS), injak pedal rem seperti biasa dan jangan panik. Pasalnya, di saat menghadapi kondisi seperti itu, computer mobil anda secara otomatis akan melakukan mimic action.
4. Ikuti kendaraan di depan anda
Saat air menggenangi jalanan tentu akan membuat kita kesulitan melihat kondisi jalan di depan anda. Apakah berlubang, ada halangan, atau genangan air yang sulit kita perkirakan. Karena itulah, cara yang paling aman adalah melihat dan mengikuti kendaraan yang ada di depan.
5. Jaga jarak dengan kendaraan di depan
Saat hujan segala kemungkinan bisa terjadi. Mobil mogok, tergelincir, dan lain-lain. Karena itulah, sebaiknya anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Jagalah jarak setidaknya dua mobil sehingga terdapat raung yang cukup bila terjadi pengereman mendadak atau risiko lainnya.
6. Menyalakan lampu
Bila kondisi hujan benar-benar lebat sebaiknya menyalakan lampu, sehingga kendaraan anda bisa terlihat oleh pengemudi lain baik dari arah berlawanan maupun searah. Jangan menggunakan lampu darurat (hazard lamp) karena akan membingungkan pengemudi lain di saat anda ingin berbelok. Mereka tidak mengetahui mana lampu sein dan mana lampu darurat.
7. Jangan lupakan kondisi wiper
Meski terlihat sepele, kadang wiper dilupakan. Pastikan karet wiper masih bagus. Guyuran air hujan atau semprotan air hujan di tanah yang disemprotkan mobil lain akan mengotori kaca. Hal itu akan menggangu pandangan dan ksentrasi.
Jangan lupa campur air di tabung air yang akan disemprotkan ke kaca dengan cairan pembersih. Bila tidak ada, anda bisa menggunakan sabun colek. Oleskan sabun membentuk garis melintang dari kiri ke kanan di bagian kaca atas.
Unsur kimia sabun itu akan membuat air hujan jatuh tergilincir. Walhasil anda juga terhindar dari kaca buram.
Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan di saat mengemudi di tengah hujan guyuran hujan. Selamat menempuh perjalanan, semoga selamat sampai tujuan.
sumber : tempointeraktif.com

Tips Mudik Cepat Tapi Selamat 2 September 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , , , , ,
2 comments
Buat apa adu cepat bila berujung petaka? Pemandangan saling salip dan injak gas sedalam-dalamnya di jalur luar kota menjadi pemandangan saat mudik. Selain membahayakan, juga merugikan pengemudi lain. Belum lagi bila terjadi insiden, banyak waktu tersita untuk menghadapi urusan ini-itu. Berharap cepat sampai tujuan, alih-alih justru kian memperlama laju Anda ke kampung halaman.

Selain contoh ektrem di atas, ada sederet cara untuk “mempercepat” waktu perjalanan mudik Anda. Dari yang ringan hingga butuh preparasi yang memadai sebelum perjalanan dimulai. Namun semua ini tetap berpegang pada pola berkendara aman (safety driving). Tidak hanya cepat tapi perjalanan Anda juga selamat hingga tujuan. Berikut langkah-langkah yang membuat perjalanan mudik Anda kian cepat.


Peta dan jalur alternatif

Potensi waktu terpangkas: ½ – 2 jam

Namanya juga mudik, sulit memprediksi kondisi real di lapangan. Tidak heran, berita kemacetan kerap menjadi akrab di telinga para mudikers. Kalau sudah begini, tak ada cara lain untuk memaksimalkan jalur alternatif. Ini untuk menghindari jalur padat yang notabene sulit memprediksi waktu tempuh dan tingkat keparahan kemacetannya.


Oleh karena itu, Anda mesti membekali diri dengan peta. Tidak hanya berguna melihat fasilitas SPBU, peta juga membuat Anda bisa melalui jalur alternatif tanpa takut tersesat. Dan kondisi ini secara psikologis dapat membuat ‘segar pikiran’ berkendara di luar jalur utama tadi.


Tak kalah penting, jalur-jalur berpotensi kemacetan seperti pasar tumpah, penyempitan jalan dan sebagainya juga mesti jadi acuan. So, ketika mendapatkan kondisi begitu, jangan buang waktu, putuskan langsung ke jalur alternatif untuk meneruskan perjalanan.


Lebih aduhai lagi bila Anda memiliki saudara yang kebetulan mudik lebih dulu. Mereka bisa Anda hubungi untuk mengetahui bocoran keadaan lalu lintas.


Persiapkan uang pecahan

Potensi waktu terpangkas: 5 – 20 menit

Siapkan uang pecahan dan recehan dalam jumlah yang dianggap memadai. Kadang dianggap sepele karena tinggal cabut dompet atau minggir ke ATM, namun bila tidak dipersiapkan dengan baik, kondisi ini berpotensi membuang banyak waktu.


Untuk itu, sebelum berangkat Anda sudah harus memperhitungkan berapa uang yang bakal dikeluarkan selama perjalanan. Entah itu yang bersifat tetap (fixed) seperti untuk bayar tol, isi bbm, penyeberangan dan lainnya ataupun insidentil seperti parkir, toilet, sumbangan, Mr. Cepek dan lainnya.


Buang hajat

Potensi waktu terpangkas: 15 – 45 menit

Ketika perkara buang hajat datang, bisa lumayan menyita waktu perjalanan. Selain sulit menentukan toilet mana yang dituju, rentang waktu untuk urusan ini juga lumayan lama.


Nah untuk meminimalkan hal ini, sebaiknya Anda dan kru di dalam telah menuntas “panggilan alam” sebelum perjalanan. Bila hal sudah dilakukan, setidaknya jam biologis untuk buang hajat dilakukan besok harinya di kisaran jam tersebut.


Dokumen lengkap

Potensi waktu terpangkas: ½ – 1 jam

Kelengkapan dokumen kendaraan, hendaknya diletakkan dalam satu tempat. Hal ini untuk memudahkan bila sewaktu-waktu dibutuhkan dan Anda pun bisa meraihnya dengan gampang. Tak hanya berguna saat ada pemeriksaan polisi, saat ingin klaim sederetan dokumen bakal membantu proses tersebut.


Bila tidak dipersiapkan dengan baik, jelas akan menyita waktu Anda. Belum lagi, kepanikan Anda menambah situasi rumit. Meski sebenarnya dokumennya lengkap, namun keberadaan entah di mana.


Aktifkan road assistance on air

Potensi waktu terpangkas: 15 menit – 1 jam

Bila menginginkan informasi cepat dan akurat, aktifkan road assistance dari radio. Cari tahu pemancar radio yang menyiarkan program tersebut. Yoi, informasi seputar lalu lintas akan sangat membantu mudikers.


Sekurangnya, Anda jadi tahu kondisi jalur utama yang bakal dilalui plus jalur alternatif. Apalagi bila terjebak kemacetan, petugas bisa menggambarkan secara eksplisit penyebab serta efek dari hal itu.


Secara berkala, radio umumnya menyiarkan kondisi lapangan secara aktual. Bahkan ada yang melayani 24 jam saat mudik. Karena itu, Anda mesti mengetahui frekuensi dan radio mana saja yang melayani program mudik sepanjang kota yang Anda lalui.


Hari keberangkatan

Potensi waktu terpangkas: 4-5 jam

Kalau tujuan utama Anda mudik adalah sekadar bersilaturahmi pada kerabat dan tak perlu berlama-lama di kampung halaman, rencanakan saja hari keberangkatan dan kepulangan Anda di waktu yang tidak normal.


Berdasarkan pengalaman tahun lalu, waktu yang paling lancar untuk mudik adalah H+1. Sedangkan Anda bisa kembali ke rumah dengan kondisi lalu lintas kosong hingga H+4.

sumber : autobildindonesia.com

Tank dari mobil Smart fortwo 30 Agustus 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: ,
1 comment so far
Bagi mereka yang menganggap smart fortwo versi standar terlalu manis, genit dan feminim, coba tilik yang satu ini. Versi kendaraan militer yang bakal menantang Anda untuk ditaklukkan.
Seperti dilansir carscoop, Senin (16/8/2010) mobil mungil ini mirip kendaran dinas tentara. Coba lihat mulai dari laburan warna coklat hijau dan hitam ala tentara pada seluruh tubuhnya, tampilan smart yang biasanya imut seketika berubah menjadi lebih maskulin.
Belum lagi detil-detil yang menghiasi tubuh imut yang sekarang terlihat lumayan gahar pada smart fortwo.
Bila masih kurang, coba cari kemana perginya keempat roda smart ini? karena sekarang roda yang biasa digunakan tank dan alat berat, menggantikan fungsi kaki-kaki dari si fortwo Army ini.
Tinggal tambahkan antena satelit canggih, juga peluncur proyektil mortar, maka smart fortwo ini siap untuk diajak ke medan pertempuran. Ayo, siapa berani?
sumber : butuhmobil.com

Peta Mudik 2010 25 Agustus 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , , , ,
add a comment
.
Menjelang lebaran seperti sekarang ini banyak orang Indonesia yang mempersiapkan diri untuk menjalani ritual tahunan mudik ke kampung halaman. Bagi yang ingin mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun motor salah satu persiapan yang dianjurkan adalah mempelajari peta mudik, dengan peta yang sudah di update akan membantu kita memperkirakan kondisi lalu lintas dan langkah yang akan diambil ketika kita menghadapi kondisi darurat seperti mengalami kecelakaan, kendaraan mogok atau kemacetan.
Kebingungan mencari peta mudik ? untuk mendapatkan peta mudik 201 silahkan pilih sendiri dalam bentuk jpg atau pdf  :
peta jawa bali dalam bentuk jpg
peta jawa bali dalam bentuk pdf
peta sumatera dalam bentuk jpg
peta sumatera dalam bentuk pdf
sumber : cybermap.co.id

Balap mobil emisi keliling eropa 19 Agustus 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , , ,
add a comment
Ide Louis Palmer ini tergolong edan. Bayangkan, mantan pemenang European Solar Prize 2008, ini menyelenggarakan balap mobil ramah lingkungan (Zero Race) mengelilingi Benua Eropa selama dua bulan lebih atau 80 hari yang sudah dimulai Senin (16/8/2010) lalu.
Balapan dilepas dari Geneva, Swiss. Pesertanya terhitung dengan jari, hanya 4 tapi berasal dari empat negara, yakni Australia, Swiss, Jerman dan Korea Selatan. Mereka menempuh jarak total 30.000 kilometer, melintasi 16 negara dan 150 kota besar dan finish diperkirakan akhir Januari 2011 mendatang.
Syarat bisa ikutan, peserta memiliki kendaraan listrik dan berpenumpang dua orang (pengemudi dan satu penumpang). Bentuk kendaraan bebas dengan bobot seringan mungkin.
Kemudian, kemampuan motor listrik menimal mampu menjelajah 250 km tanpa henti dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam. Trus, setiap hari, peserta wajib menempuh jarak 500 km, dengan istirahat 4 jam sekalian untuk mengisi ulang baterai.
Di luar dugaan, perjalanan baru menempuh satu hari, salah satu peserta mengaku sangat gembira mengikuti kegiatan ini. “Kami sangat lelah saat menjelang senja, tapi hari ini ditutup dengan hidangan lezat di ladang pertanian dengan sambutan hangat dari penduduk lokal yang menyediakan makanan,” ujar salah seorang peserta.
“Kami ingin menunjukkan pada tujuh miliar orang di dunia kalau planet ini sangat butuh energi baru dan mobilitas yang bersih, ramah lingkungan. Bensin makin lama akan habis dan krisis iklim sudah di depan mata, dan kami mulai kehabisan waktu,” jelas Louis Palmer.
Makanya, balapan ini tidak mencari siapa pemenangnya. Tapi, lanjuut Palmer mempertontonkan kepada dunia bagaimana mobil ramah lingkungan juga bisa diandalkan sekaligus menyenangkan saat dikendarai.
sumber : kompas.com

Migelli 250 27 hp bisakah merontokkan pasar Ninja 250 17 Agustus 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: ,
3 comments
Hari ini Minerva secara resmi meresmikan pelucuran Migelli 250 dengan mesin baru yang diklaim bisa mencapai 27 hp pada 8.500 rpm dan torsi 22 Nm pada 7.000 rpm. Dibekali sistem transmisi 6-percepatan manual berteknologi roller rocker arm yang menurunkan kebisingan mesin dan friksi.
Migelli baru ini dibedakan menjadi 4 tipe yaitu Migelli 250SE, RE, ME dan RV untuk melangkapi tiga pendahulunya yakni, Migelli 250R (sport), Migelli 250S (naked), dan Migelli 250M (Motard). Varian terbaru Migelli dibandrol mulai dari Rp28,1 juta sampai Rp31,9 juta per unit on the road Jakarta. Untuk pilihan warna ditawarkan yakni kuning, merah, hitam, dan putih.
Yang menjadi rasa penasaran para blogger adalah kehadiran mesin baru tersebut yang konon sama tipenya dengan yang di jual di Iran maupun Amerika. Alasannya sederhana saja karena spesifikasi motor yang dijual di Iran atau Amerika sama dengan klu – klu yang dikeluarkan pihak Minerva.
Dari manapun asal mesin tersebut, Minerva telah menjawab kelemahan yang dikeluhkan pengguna Migelli perihal performa mesin. Secara teknis 27 HP jika itu benar bukan power yang main – main. Sebagai pembanding berikut ini spesifikasi mesin Miglli dengan Ninja 250 yang digadang gadang sebagai penguasa motor 250 di berbagai belahan bumi.
Ninja 250 / Migelli 250
Engine Type Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, parallel twin /4 Strokes, Liquid Cooled, single
Displacement 249 cc / 249.6
Bore & stroke 62.0 x 41.2mm /
Compression Ratio 11.6:1 / 11.5 : 1
Carburetor Keihin CVK30 x 2 / TK MV34
Ignition Digital /  C.D.I
Transmission Six-speed / 1-N-2-3-4-5-6
Max Power (hp/rpm)     25 hp (19 kW) / 26/8500
Max Torque (N.m./rpm)     21.7 N·m (16.0 lb·ft) @ 10,000 rpm / 22.8@7000
sumber : .kawasakimotorcycle.org, ninja250r.wordpress.com

Tata Nano tingkatkan mesin jadi 800cc 15 Agustus 2010

Posted by masbloro in Otomotif.
Tags: , , , ,
add a comment
Setelah sukses memproduksi mobil murah di India, Tata dengan produk andalannya Tata Nano, saat ini sedang mempersiapkan kendaraan kota atau city car lainnya dengan meningkatkan kapasitas mesin Nano dari 633cc menjadi 800cc.
Upaya ini dilakukan untuk memperluas segmen pasar kendaraan roda 4 di India.Saat ini selain Tata Nano, Tata juga telah memasarkan mobil dengan kasitas yang lebih besar yaitu Tata Indica dengan dua pilihan mesin yaitu diesel 13.00cc dan 1.100 cc untuk mesin bensin. Dengan demikian Tata Nano 800 cc akan berada ditengahnya.
Pasar city car atau segmen A2 memang mendominasi pasar otomotif di India dengan share 70%. Trend city car memang sedang melanda dunia dan tidak terkecuali India. Mobil dengan cc 800 cc sampai dengan 1.100 cc paling banyak mendominasi pasar India dengan Suzuki sebagai market leadernya.
Selain Suzuki dengan WagonR (kalau di Indonesia dikenal sebagai Karimun estilo) juga Hyundai i10 yang akan menjadi saingan berat Tata Nano 800 cc.
Usaha Tata untuk memberikan banyak pilihan mesin untuk Tata Nano, apakah akan sesukses sebelumnya? Kita tunggu saja saat peluncuran pada tahun 2012 nanti.
sumber : wheelosphere.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar