Untuk membuat Lingkaran yang Anda buat bisa bergerak seperti contoh dihalaman sebelumnya saya akan menerangkan sedikit mengenai frame dan layer. Frame adalah bagian-bagian dari suatu animasi yang dieksekusi oleh program secara berurutan. jadi bila Anda memasukan huruf A - Z pada frame 1 - 26 maka animasi itu akan menampilkan huruf A sampai Z tersebut secara berurutan mulai dari A, kecepatan eksekusi frame dinyatakan dengan satuan FPS ( frame per second ) artinya berapa banyak frame yang akan dieksekusi oleh program selama hitungan 1 detik. Bila Anda menginginkan tampilan Animasi yang lebih halus dari suatu gerakan yah Anda perbesar satuan FPS nya. Program sothink menggunakan 12 fps sebagai standard kecepatannya. tapi itu dapat Anda rubah sesuai keinginan Anda. Coba lihat pad tab properties dibagian bawah Canvas disitu ada yang namanya FRAME RATE, defaultnya 12 Anda bisa merubahnya sesuai keinginan Anda tapi ingat semakin besar frame rate dari animasi flash, semakin besar ukuran file nya, jadi jangan menset frame rate terlalu besar. Untuk contoh ini pakai saja default dari sothink yaitu 12 fps. Sedangkan Layer adalah kumpulan dari frame-frame yang akan dikerjakan secara bersamaan, misal layer kesatu Anda isi dengan huruf A pada frame kesatu dan layer kedua Anda isi dengan huruf Z pada frame kesatu, maka setelah animasi dijalankan huruf A dan Z akan ditampikan secara bersamaan, jadi bila Anda nanti membuat animasi seperti pada HALAMAN PRESENTASI di situs ini. Anda akan bergelut dengan yang namanya Layer dan Frame. Nah sekarang Anda sudah tahu apa itu frame dan layer, sekarang kita kembali pada proyek pertama kita yaitu membuat lingkaran itu bergerak. Ikuti langkah-langkah berikut : | |||
| |||
Anda akan melihat di PREVIEW lingkaran itu bergerak dari kiri ke kanan terus menerus, lalu bagaimana bila Anda menginginkan animasi itu tidak mengulang lagi, caranya gampang ikuti langkah berikut : | |||
| |||
Nah animasi itu sekarang berhenti setelah berada disebelah kanan. Bagaimana.., mau yang lebih rumit OK ikuti langkah berikut : | |||
| |||
Bila Anda benar dalam mengikuti petunjuk diatas, maka animasi yang Anda buat tadi akan terlihat sama seperti contoh pada awal latihan kita dihalaman sebelumnya. OK Selanjutnya mari kita tingkatkan pengetahuan kita mengenai frame, layer dan sedikit mengenai script. Untuk Script atau bahasa pemrograman yang ada pada animasi flash akan disinggung lebih jauh lagi dalam tutorial flash tingkat lanjut ( Action Script 1 -- Tunggu saja yah.. ). Untuk saat ini saya hanya mengenalkan sedikit mengenai script dan fungsinya. | |||
PENGERTIAN SCRIPT PADA FLASH | |||
Mungkin anda bertanya, apa itu script dan apa gunanya.?, Pada latihan diatas saya telah menerapkan salah satu fungsi script dalam flash, coba Anda simak lagi tulisan diatas., yah benar. Masih ingatkan perintah " stop(); " pada latihan diatas..!, itu salah satu dari perintah dalam flash yang berfungsi untuk menghentikan perulangan dalam animasi flash. Bila Anda terbiasa dengan perintah-perintah JAVASCRIPT hal itu bukanlah sesuatu yang aneh. Dan memang bila Anda cukup mahir dalam bahasa Pemrograman JAVASCRIPT tentunya Anda tidak akan kesulitan untuk memahami script-script yang ada pada flash, karena memang dasar pemrograman nya diambil dari sintak-sintak bahasa JAVA dan C. Apalagi bila Anda mahir dengan JAVA APPLET mungkin keterangan saya ini bisa Anda abaikan. Script atau perintah flash pada SOTHINK, SWISH, ANTECHINUS maupun MACROMEDIA FLASH diadobsi dari bahasa yang sama yaitu Bahasa Pemrograman JAVA. Lebih khusus lagi yaitu Bahasa JAVA yang digunakan untuk membuat animasi yaitu JAVA APPLET yang dikenal dengan nama ACTION SCRIPT. Maka seperti yang saya uraikan diatas, bila Anda mahir dalam bahasa JAVA dan JAVA APPLET tentunya tidak akan kesulitan untuk memahi perintah-perintah dalam flash. Sebagai dasar pengenalan script dalam flash, sekarang Anda perhatikan Animasi flash dibawah ini. Jangan bengong saja, cobalah Anda klik tombol yang ada pada animasi tersebut, terserah yang mana saja yang Anda sukai untuk di klik terlebih dahulu. Kalau Anda klik tombol Kedua maka akan ditampilkan animasi kedua, bila Anda klik tombol ketiga maka akan ditampilkan animasi ketiga. Itu akan berlaku terus menerus dan tidak akan berubah sampai Anda meng klik tombol yang lain. Nah dari contoh diatas Anda sekarang mengetahui bahwa Flash itu dapat Anda buat untuk berbagai keperluan dan dapat Anda program sesuka hati Anda. Apa ada contoh yang lain..? ada, coba klik Link ini, dan kemudian Anda coba-coba sendiri. Animasi flash itu dibuat oleh orang yang sudah mahir dalam pembuatan flash dengan memanfaatkan script, dan itu bukan buatan saya tapi buatan PUSTEKKOM DEPDIKNAS, tapi prinsip kerjanya hampir mirip dengan animasi diatas serta latihan Anda. | |||
P R O Y E K K E D U A | |||
Saatnya telah tiba bagi Anda untuk mencoba membuat animasi flash dengan bantuan script, agar animasi itu dapat dikontrol oleh kita. Ikuti petunjuk berikut untuk membuat animasi seperti contoh diatas. | |||
| |||
| |||
|
Blog copy paste adalah blog yang saya buat Dari COPAS di dumay, Maaf dan trimakasih bagi semua pemilik artikel yang tercopas, saya tidal mengurangi ataupun menambahi dan penulis artikelpun ikut serta. SUKSES n seLAMAT bERkreASI.
text maarque kanan
salju
Rabu, 30 November 2011
Animasi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar