text maarque kanan

INGATKAN DIRIMU UNTUK MENGATUR SEGALA SESUATU SUDAH DI ATUR ALLOH

salju

Senin, 30 Juli 2012

Sowtware Pembuat Web

Software untuk membuat web itu ada 2 jenis :
1.Open Source
Open Source adalah sSuatu program dengan lisensi Open Source atau membuka Kode Programnya bagi siapa saja yang ingin mempelajarinya, menggantinya, memodifikasi. Caranya dengan menyertakan kode program bersama dengan distribusi paket program yang sudah jadi (hasil kompilasi). Dengan penyertaan kode program tersebut, pembeli atau pengguna program dapat “membedah” program tersebut, melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhannya, bahkan memperbaiki “Bug” atau kesalahan logika dalam program tersebut.
2.CMS
Content Management System merupakan sebuah software berbasis web , yang digunakan untuk mengelola konten/isi yang terdapat dalam sebuah web. Contoh sebuah CMS yang sangat Populer saat ini adalah WordPress, dan Joomla. CMS sendiri dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman, seperti: PHP (PHP Hypertext Preprocessor) bahasa pemrograman script yang paling banyak digunakan saat ini, ataupun HTML (Hypertext Markup Language) bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
Untuk membuat sebuah website dengan CMS relatif cukup mudah dan cepat karena kalau kita analogikan CMS itu seperti sebuah Operating System Dalam sebuah komputer (windows,linux, Mac OS) yang dibuat untuk memudahkan penggunanya sehingga kita bisa mengelola komputer kita dengan relatif cukup mudah, begitupun dengan CMS dibuat sedemikian hingga agar penggunanya mudah untuk menambah dan mengelola isi yang ada dalam sebuah website. Dengan CMS, semua itu bisa dilakukan tanpa pengguna harus belajar HTML atau bahasa pemrograman web.Karena CMS adalah suatu software (perangkat lunak) maka CMS bisa
berbasis web ataupun aplikasi desktop biasa.
Software yang diapakai untuk membuat web
1.Joomla adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll.
Joomla menggunakan lisensi GPL.
Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”.
Kelebihan :
1.Opensource ( sudah pasti)
2. Komunitasnya sudah banyak.
3. Banyak terdapat plugin/extension/module yang dapat digunakan.
4. Karena di desain untuk portal, untuk membuat web apa saja cocok.
2. WordPress adalah salah satu aplikasi atau script berbasis web yang dapat anda gunakan untuk membangun sebuah website atau blog. WordPress digunakan oleh sebagian besar pengguna web karena instalasinya yang sangat mudah bahkan untuk yang masih pemula sekalipun. WordPress dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari blog sederhana sampai website professional. WordPress ada yang gratis dan ber-bayar.
Kelebihan :
1. Sederhana atau simple
2. URL yang dihasilkan bagus
3. Mendukung tag-tag
4. Mendukung fasilitas-fasilitas blog umum seperti trackback dan ping
5. Mendukung RSS syndicate
6. Banyak plugin atau modul
7. Lebih flexible
3.Mambo Open Source (MOS) adalah sebuah Sistem Manajemen Konten (Content Management System, CMS) open source yang digunakan untuk menciptakan dan mengelola situs web dari yang paling sederhana sampai aplikasi perusahaan yang paling kompleks sekalipun. Mambo dikenal mudah untuk diinstal, gampang dikelola dan memiliki kapabilitas yang tinggi.Komunitas Indonesia kemudian membuat situs sendiri agar dapat bekerjasama dalam mengembangkan perangkat CMS yang bersifat open source ini. Selain bertujuan untuk mensukseskan program pemerintah (departemen Komunikasi dan Informasi) tentang IGOS (Indonesia Go Open Source), situs ini juga diharapkan dapat membantu rekan-rekan sesama pengembang situs web agar memiliki referensinya dalam bahasa Indonesia. Situs ini juga diharapkan dapat menghasilkan pengembang-pengembang perangkat lunak, khususnya pengembang situs web berkualitas internasional. Tukar-menukar informasi sangat diharapkan agar dapat bersinergi sehingga akhirnya para pemngembang situs web dapat membuat situs web dengan hasil yang profesional dengan biaya yang relatif murah.
4.AuraCMS adalah salah satu dari banyak aplikasi berbasis CMS yang dapat digunakan untuk membangun website. Berbeda dengan aplikasi berbasis CMS sebelumnya, aplikasi ini dibuat oleh sumber daya manusia lokal atau CMS ini adalah hasil karya putra-putri bangsa.
Seperti kebanyakan perangkat aplikasi berbasis CMS yang ada, aplikasi ini juga dibangun dengan menggunakan PHP dan database MySQL. Aplikasi ini berlisensi GPL (General Public Licence) yang berarti bebas diperoleh dan digunakan untuk membangun website. CMS ini didesain sederhana dengan harapan akan memudahkan pengguna dalam membangun website oleh pemula sekalipun.
5. Ektron adalah sebuah perusahaan perangkat lunak swasta yang berbasis di Nashua, New Hampshire. Ini menyediakan manajemen konten web dan perangkat lunak sosial. Ektron produk utama adalah CMS400.NET, yang dibangun pada Microsoft. NET 3.5. Versi 8 dari CMS400.NET dirilis pada bulan Oktober 2009.
6.Userland Software adalah sebuah perusahaan perangkat lunak AS yang didirikan oleh Dave Winer pada tahun 1988. Userland menjual manajemen konten web dan paket perangkat lunak blog dan jasa.CMS yang berbayar menawarkan kestabilan dan performa yang lebih baik dari yangg gratis, karena untuk membuat CMS berbayar diperlukan biaya dan keahlian profesional.

Kamis, 19 Juli 2012

Mengenal Jenis-Jenis Printer

Mengenal Jenis-Jenis Printer

  juli 18, 2012 by Under Tips & Trik - 11 Comments  
Mengenal Jenis Jenis Printer ImagePrinter adalah alat yang dapat kita gunakan untuk mencetak documen (tulisan, gambar dan tampilan lainnya) dari komputer ke media kertas atau yang sejenis. Saat ini terdapat beberapa merk printer yang beredar dipasaran seperti  Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan yang lainnya.
Dari berbagai merek dan tipe printer yang ada, secara garis besar kita dapat mengelompokkan printer menjadi 3 jenis saja, yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing printer tersebut, berikut sedikit ulasanya.

1.    Printer Jenis  InkJet
Printer jenis ini menggunakan tinta untuk mencetak dengan kualitas hasil cetakannya rata-rata cukup bagus tergantung merek dan tipe printer. Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye. Gambar dibawah adalah printer jenis inkjet yang cukup populer (setidaknya yang pernah saya pake Mengenal Jenis Jenis Printer Image )Mengenal Jenis Jenis Printer ImageMenurut pengamatan penulis printer jenis inkjet merupakan jenis printer yang paling banyak digunakan di masyarakat hal ini kemungkinan besar disebabkan harga printer inkjet yang relative lebih murah yaitu mulai dari sekitar Rp 400.000.  Jenis Printer All In One dan Printer Inpus merupakan jenis printer inkjet yang lagi popular saat ini. Dengan printer all in one ini kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan yaitu scanner dan fotocopy selain fasilitas printer.
Sedangkan untuk printer inpus biasanya digunakan oleh warnet atau rental komputer dengan pertimbangan printer jenis ini lebih ekonomis dari segi pemakaian tintanya sehingga biaya cetak menjadi lebih murah, terlebih lagi saat ini perusaan Epson telah mengeluarkan tipe Epson L100 dan Epson L200 yang merupakan tinta inpus dengan tinta original pertama di Indonesia.
2.    Printer Jenis Laser Jet
Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi  sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet.
Mengenal Jenis Jenis Printer ImageGambar disamping adalah salah satu contoh printer laser yang pernah saya pake (cuma pake doang ya, bukan punya sendiri..) yaitu Printer HP2605dn. Dari pengalaman printer laser ini lumayan awet, terbukti printer yang dibeli sekitar 3 tahun yang lalu ini masih saya pake bersama 20-an user lain dan masih tetep OK.
Satu kekurangan Printer Laser adalah harganya yang reltif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.
3.    Printer Jenis Dot Matrik
Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun (sekitar 9-24 pin), nantinya jarum-jarum ini akan “memukul” pita (printer ribbon) sehingga membentuk sebuah karakter pada kertas. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah, awet digunakan terbukti dari beberapa printer dot matrik yang pernah saya temui sudah berumur diatas 8 tahun dan printer jenis ini bisa digunakan untuk mencetak kertas rangkap atau continuous form.
Mengenal Jenis Jenis Printer ImageDisamping kelebihan diatas Printer jenis dot matrik mempunyai kekurangan dalam hal kualitas cetakan yang tidak sebagus printer inkjet dan laserjet, printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Ketika sedang mencetak, printer jenis ini mengeluarkan suara yang cukup keras yang ditimbulkan dari pergerakkan mekanik dan head printernya. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan  dengan printer jenis inkjet.
Demikianlah sedikit ulasan tentang jenis-jenis printer yang ada dipasaran, pastinya dalam memilih printer adalah berdasarkan kebutuhan bukan hanya kualitas cetakan dan harga semata.

Printer L800 Epson

Harga Baru Printer Epson L800

Posted by Epsoners
Harga printer Epson L800 terbaru. Epson menghadirkan printer terbaru L800. Jika pada printer Epson L100 dan L200 ditujukan bagi kelas low end, maka Epson L800 ini hadir di kelas high end. Berat printer ini 6.2 kg, Dimension 537 x 188 x 289 mm
Harga printer Epson L800
Jenis printer Photo Inkjet L800 ini merupakan printer foto Epson yang hadir dengan 6 botol tinta yang masing masing berkapasitas 70ml, berbeda dengan Epson L100 dan L200 yang hanya memiliki empat botol. Printer ini mampu mencetak 1800 foto berukuran 4 R dan OS Compatibility Windows® 7 (32-bit, 64-bit) / Windows Vista® (32-bit, 64-bit) / Windows XP SP1 or higher (32-bit) / Windows XP Professional x64 Edition.

Epson L800 Inkjek terbaru ini dilengkapi teknologi Print Head Epson Micro Piezo, maksimum mencetak hingga 5760 x 1440 dpi dan memungkinkan print head untuk melepas butiran tinta dalam tiga ukuran berbeda. Untuk harga baru printer Epson L800 berkisar antara Rp 2.300.000 sampai Rp 2.750.000

Rabu, 04 Juli 2012

Pascal 100


1.
Program Dasar;
Uses WinCrt;
begin
end.
2.
Program Dasar;
Uses WinCrt;
begin
     writeln('Khoirul Arifin');
     writeln('--------------');
end.
3.
Program Contoh_Konstanta(Layar);
Uses WinCrt;
const
     potongan       = 0.2;
     gaji           = 60000;
     NamaPerusahaan = 'P.T Multi Sarana Tekhnik';
begin
     Writeln('Potongan = ',Potongan);
     Writeln('Gaji     = ',Gaji);
     Writeln('Nmam     = ',NamaPerusahaan);
  
end.
4.
Program Contoh_Konstanta_Terdefinisi(Layar);
Uses WinCrt;

begin
     Writeln('Nilai Logika Benar = ',True);
     Writeln('Nilai Logika Salah = ',False);
     Writeln('Nilai Maxint       = ',Maxint);
     Writeln('Nilai MaxLongint   = ',MaxLongint);
  
end.
5.
Program Contoh_Konstanta_Terdefinisi(Layar);
Uses WinCrt;
Var
   Total, Gaji, Tunjangan : Real;
   Menikah                : Boolean;
   JumlahAnak             : Integer;
   Keterangan             : String[25];

begin
     Gaji       := 60000;
     Menikah    := True;
     JumlahAnak := 3;
     Tunjangan  := 0.25 * Gaji + JumlahAnak * 30000.0;
     Total      := Gaji + Tunjangan;
     Keterangan := 'Karyawan Teladan';
     Writeln('Gaji Bulanan   : Rp',Gaji);
     Writeln('Tunjangan      : Rp',Tunjangan);
     Writeln('Total Gaji     : Rp',Total);
     Writeln('Sudah Menikah  : ',Menikah);
     Writeln('Jumlah Anak    : ',JumlahAnak);
     Writeln('Keterangan     :',Keterangan);
  
end.
6.
Program Contoh_Tipe_Data_Terdefinisi(Layar);
Uses WinCrt;
Type
    Pecahan     = Real;
    Logika      = Boolean;
    Bulat       = Integer;
    Huruf       = String[25];
Var
   Total, Gaji, Tunjangan : Real;
   Menikah                : Boolean;
   JumlahAnak             : Integer;
   Keterangan             : Huruf;

begin
     Gaji       := 60000;
     Menikah    := True;
     JumlahAnak := 3;
     Tunjangan  := 0.25 * Gaji + JumlahAnak * 30000.0;
     Total      := Gaji + Tunjangan;
     Keterangan := 'Karyawan Teladan';
     Writeln('Gaji Bulanan   : Rp',Gaji);
     Writeln('Tunjangan      : Rp',Tunjangan);
     Writeln('Total Gaji     : Rp',Total);
     Writeln('Sudah Menikah  : ',Menikah);
     Writeln('Jumlah Anak    : ',JumlahAnak);
     Writeln('Keterangan     :',Keterangan);
  
end.
7.
Program Contoh_Label(Layar);
Uses WinCrt;
Label
     100, Selesai;
Begin
     Writeln('Khoirul');
     Goto 100;
     Writeln('Misbach');
     Writeln('Putro');
100:
    Writeln('Arifin');
    Goto Selesai;
    Writeln('Banjari');
Selesai:
end.
8.
Program Contoh_Procedure(Layar);
Uses WinCrt;
Procedure Tambah(x,y : Integer;Var Hasil : Integer);
Begin
     Hasil := x + y;
end;
Var
   z : Integer;
Begin
     Tambah(2,3,z);
     Writeln('2+3= ',z);
end.
9.
Program Contoh_Fungsi(Layar);
Uses WinCrt;
Function
        Tambah(x,y : Integer) : Integer;
Begin
     Tambah := x+y;
end;
Begin
     Writeln('2+3= ',Tambah(2,3));
end.
10.
Program Hapus_Layar;
Uses WinCrt;
Begin
     ClrScr;
     Writeln('Khoirul Arifin');
     Writeln('--------------');
end.
11.
Program Penjumlahan_Langsung;
Uses WinCrt;
Var
   a,b,c : Integer;
Begin
     ClrScr;
     a :=2;
     b :=3;
     c :=a+b;
     Writeln('c = ',c);
end.
12.
Program Tipe_Data_Integer;
Uses WinCrt;
Var
   Jumlah : byte;
Begin
     Jumlah := 200;
     Writeln('Nilai JUMLAH = ',Jumlah);
end.
__________________________________________________________________________________13.
Program Tipe_Data_Numerik_Real;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai1, Nilai2 : Real;
Begin
     Nilai1 := 12345678901.2345;
     Nilai2 := 12345;
     Writeln('Nilai1 = ',Nilai1);
     Writeln('Nilai2 = ',Nilai2);
end.
14.
ProGram Tipe_Data_Karakter;
Uses WinCrt;
Var
   SebuahKarakter : Char;
Begin
     SebuahKarakter := 'A';
     Writeln('Karakter tersebut = ',SebuahKarakter);
end.
__________________________________________________________________________________15.
Program Tipe_Data_String;
Uses WinCrt;
Var
   Tanggal      : String[10];
   Hari         : String[7];
   Pasaran      : String[6];
   Jarak        : Char;
Begin
     Tanggal    := '26-02-2012';
     Hari       := 'Minggu';
     Pasaran    := 'Kliwon';
     Jarak      := ' ';
     Writeln(Tanggal,Jarak,Hari,' ',Pasaran);
end.
16.
Program Data_Boolean;
Uses WinCrt;
Var
   Lagi : Boolean;
Begin
     Lagi := True;
     Writeln('Nilai Lagi = ',Lagi);
End.
17.
Program Karakter_Kontrol;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(#75#72#79#73#82#85#76#32#65#82#73#70#73#78);
End.
18.
Program Kontrol_Karakter;
Uses WinCrt;
Var
   GantiBaris : Char;
Begin
     GantiBaris := #10;
     Writeln('Baris Pertama',GantiBaris,GantiBaris,#13,'Baris Ketiga');
End.
19.
Program Karakter_Kontrol;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln('Apakah Anda Mendengar Bunyi Bel 2 Kali ? ',^g#7)
End.
20.
Program Binary_Operator;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(15*5);
     Writeln(20/3);
     Writeln(20 div 3);
     Writeln(20 mod 3);
End.
21.
Program Unary_Operator;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(5+(-15));
End.
22.
Program Bitwise_Operator_Not;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(not 0);
     Writeln(not 5);
     Writeln(not 18);
     Writeln(not -17);
End.
23.
Program Bitwise_and;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(12 And 23);
End.
24.
Program Bitwise_or;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(12 or 23);
End.
25.
Program Bitwise_xor;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(12 xor 23);
End.
__________________________________________________________________________________26.
Program Bitwise_Shl;
Uses WinCrt;
begin
     Writeln(5 shl 6);
End.
27.
Program Bitwise_Shr;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(160 Shr 6);
End.
28.
Program Relational_Operator;
Uses WinCrt;
Var
   a,b : Integer;
Begin
     a := 5;
     b := 3;
     Writeln(a=b);
     Writeln(a=5);
     Writeln(a<>b);
     Writeln(a>b);
     writeln(a>=b);
     Writeln(a<b);
     Writeln(a<=b);
End.
29.
Program Logical_Operator;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln(not True);
     Writeln(not False);
     Writeln(True And False);
     Writeln(True Or False);
     Writeln(True Xor False);
End.
30.
Program Address_Operator;
Uses WinCrt;
Type
    TipeString          = String[40];
    PointerString       = ^TipeString;
Var
   Nama         : TipeString;
   LetakNama    : PointerString;
Begin
     Nama       := 'Khoirul Arifin';
     LetakNama  := @Nama;
     Writeln('Nama Adalah      : ',Nama);
     Writeln('Nama Adalah      : ',LetakNama^);
End.
31.
Program STring_Operator;
Uses WinCrt;
Var
   Nama1, Nama2, Nama3 : String[15];
Begin
     Nama1  := 'Khoirul ';
     Nama2  := 'Arifin';
     Nama3  := Nama1 + Nama2;
     Writeln(Nama3)
End.
32.
Program Komentar;
Uses WinCrt;
Begin
     Writeln('Halo apa kabar ? ');
     Writeln('Program saya ini di beri komentar lho ..');
End.
33.
Program Statement_jamak;
Uses Wincrt;
Var
   Nilai                : Real;
   Keterangan, Komentar : String[25];
Begin
     Nilai      := 55.5;
     Keterangan := 'Tidak lulus';
     Komentar   := 'Mengecewakan';
     If Nilai > 60 Then
        Keterangan := 'Lulus';
        Komentar   := 'Memuaskan';
     Writeln('Keterangan : ',Keterangan);
     Writeln('Komentar   : ',Komentar);
End.
34.
Program Input1_data_keVariabel;
Uses WinCrt;
Var
   a, b : Integer;
   c    : Real;
   d    : String[10];
   e    :Char;
Begin
     Readln(a);
     Readln(b);
     Readln(c);
     Readln(d);
     Readln(e);
     Writeln;
     Writeln('a = ',a);
     Writeln('b = ',b);
     Writeln('c = ',c);
     Writeln('d = ',d);
     Writeln('e = ',e);
End.
35.
Program Input2_Konversi_celcius_fahrenheit;
Uses WinCrt;
Var
   c, f : Real;
Begin
     Write('Berapa Celcius ? ');
     Readln(c);
     F := 1.8 * c + 32;
     Writeln;
     Writeln(c,' Celcius adalah ',F,' Fahrenheit');
End.
36.
Program Input5(Input,Output);
Uses WinCrt;
Var
   Jawab_c : Char;
   Jawab_b : boolean;
Begin
     Write('Benar atau salah (B/S) ? ');
     Readln(Jawab_c);
     Jawab_b := (Jawab_c = 'b');
     Writeln('Yang anda maksud adalah : ',Jawab_b);
End.
37.
Program Tampil1(output);
Uses WinCrt;
Var
   Nama : String[15];
Begin
     Nama := 'Khoirul Arifin';
     Write('Nama : ');
     Write(Nama);
End.
38.
Program Tampil2(output);
Uses WinCrt;
Var
   Nama : String[15];
Begin
     Nama := 'Khoirul Arifin';
     Writeln('Nama : ');
     Writeln(Nama);
End.
39.
Program Tampil3(output);
Uses WinCrt;
Var
   Bulat1, Bulat2 : Integer;
Begin
     Bulat1     := 123;
     Bulat2     := 12345;
     Writeln(Bulat1, Bulat2);
End.
40.
Program Tampil5(output);
Uses WinCrt;
var
   Huruf1, Huruf2 : Char;
Begin
     Huruf1 :='a';
     Huruf2 :='b';
     Writeln(Huruf1,Huruf2);
End.
41.
Program Tampil6(output);
Uses WinCrt;
Var
   String1, String2 : String[10];
Begin
     String1 := 'Khoirul';
     String2 := ' Arifin';
     Writeln(String1,String2);
End.
42.
Program Tampil7(output);
Uses WinCrt;
Var
   Logika1, Logika2 : Boolean;
Begin
     Logika1 := True;
     Logika2 := False;
     Writeln(Logika1,Logika2);
End.
43.
Program Tampil8(output);
Uses WinCrt;
Var
   Ket1, Ket2 : Char;
Begin
     Ket1 := 'a';
     ket2 := 'b';
     Writeln(ket1:5,Ket2:10);
End.
44.
Program Tampil9(output);
Uses WinCrt;
Var
   Karakter : String[14];
Begin
     Karakter := 'Khoirul Arifin';
     Writeln('Nama : ',Karakter : 10);
End.
45.
Program Tampil10(output);
Uses WinCrt;
Var
   n : Integer;
Begin
     n := 275;
     Writeln('Jumlah Data = ',n:5);
End.
46.
Program Tampil11(output);
Uses WinCrt;
Var
   Nilai : Real;
Begin
     Nilai := 123.45;
     Writeln('Nilai Real = ',Nilai:12);
End.
47.
Program Tampil12(output);
Uses WinCrt;
Var
   Nilai : real;
Begin
     Nilai := 123.45;
     Writeln('Nilai Real = ',Nilai:12:3)
End.
48.
Program Tampil13(Output);
Uses WinCrt;
Var
   Nilai : Boolean;
Begin
     Nilai := True;
     Writeln('Nilai Boolean = ',Nilai:6);
End.
49.
Program Tampil14(output);
Uses WinCrt;
Begin
     ClrScr;
     Writeln('Khoirul Arifin');
End.
50.
Program Tampil15(output);
Uses WinCrt;
Begin
     ClrScr;
     Gotoxy(10,15);
     Writeln('Khoirul Arifin');
End.
_________________________________________________________________________________
51.
Program Tampil16(output);
Uses WinCrt;
Var
   Nilai : Integer;
Begin
     ClrScr;
     Gotoxy(10,15);
     Write('Masukkan Sebuah Nilai Integer ? ');
     Readln(Nilai);
     Gotoxy(10,15);
     ClrEol;
     Writeln('Anda Pintar !!');
End.
52.
Program Tampil17(Output);
Uses WinCrt;
Var
   Tekan : Char;
Begin
     ClrScr;
     Gotoxy(5,8);Writeln('Satu');
     Gotoxy(6,9);Writeln('Dua');
     Gotoxy(7,10);Writeln('Tiga');
     Gotoxy(8,11);Writeln('Empat');
     Gotoxy(9,12);Writeln('Lima');
     Gotoxy(10,13);Writeln('Enam');
     Gotoxy(11,14);Writeln('Tujuh');
     Gotoxy(12,15);Writeln('Delapan');
     Gotoxy(13,16);writeln('Sembilan');
     Gotoxy(14,17);Writeln('Sepuluh');
     Gotoxy(15,20);Write('Tekan Sembarang Tombol !!! ');
     Read(tekan);
     Gotoxy(20,20);
     ClrEol;
     Gotoxy(5,9);
    
End.
53.
Program Tampil18(Output);
Uses WinCrt;
Procedure Delline;
begin
     Writeln('    ');
end;
Var
   Tekan : Char;
Begin
     ClrScr;
     Gotoxy(5,8);Writeln('Satu');
     Gotoxy(5,9);Writeln('Dua');
     Gotoxy(5,10);Writeln('Tiga');
     Gotoxy(5,11);Writeln('Empat');
     Gotoxy(5,12);Writeln('Lima');
     Gotoxy(5,20);Write('Tekan Sembarang Tombol !!! ');Read(tekan);
     Gotoxy(5,20);ClrEol;
     gotoxy(5,9);DelLine;
End.
54.
Program Tampil19(Output);
Uses WinCrt;
Procedure InsLine;
begin
     gotoxy(5,10);Writeln('      ');
end;
Var
   Tekan : Char;
Begin
     ClrScr;
     Gotoxy(5,8);Writeln('Satu');
     Gotoxy(5,9);Writeln('Dua');
     Gotoxy(5,10);Writeln('Tiga');
     Gotoxy(5,11);Writeln('Empat');
     Gotoxy(5,12);Writeln('Lima');
     Gotoxy(5,20);Write('Tekan Sembarang Tombol !!! ');Readln(tekan);
     Gotoxy(5,20);ClrEol;
     gotoxy(5,10);InsLine;
End.
55.
Program Perulangan_Positip;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     For i:= 1 to 5 do
     Begin
          writeln('Khoirul Arifin');
     End;
End.
56.
Program Perulangan_Positip_Dua_Statemen;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     For i:= 1 to 5 do
     Begin
          Write(i);
          writeln('. Khoirul Arifin');
     End;
End.
57.
Program Perulangan_Positip_Dua_Statemen_Masuk_Tidak;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     For i:= 1 to 5 do
          Write(i);
     writeln('. Khoirul Arifin');
End.
58.
Program Perulangan_Mengunakan_Tabel;
Uses WinCrt;
Var
   x,x2,x3 : Integer;
   Seperx  : Real;
Begin
     Writeln('---------------------------------');
     Writeln('  x      x*x    x*x*x       1/x  ');
     Writeln('---------------------------------');
     For x:=1 to 20 do
         Begin
              x2     := x*x;
              x3     := x*x*x;
              Seperx := 1/x;
              Writeln(x:3,x2:8,x:8,Seperx:12:3);
         End;
     Writeln('---------------------------------');
End.
59.
Program Perulangan_Mengunakan_Tabel_Tanpa_Statemen;
Uses WinCrt;
Var
   x : Integer;
Begin
     Writeln('---------------------------------');
     Writeln('  x      x*x    x*x*x       1/x  ');
     Writeln('---------------------------------');
     For x:=1 to 20 do
        Writeln(x:3,x*x:8,x*x*x:8,1./x:12:3);
     Writeln('---------------------------------');
End.
60.
Program Perulangan_Pertambahan_Nilai_Real;
Uses WinCrt;
Var
   x                   : Integer;
   Celcius, Fahrenheit : Real;
Begin
     Writeln(' ------------------------- ');
     Writeln('|  Celcius    Fahrenheit  |');
     Writeln(' ------------------------- ');
     Celcius := 0;
     For x:=1 to 10 do
         Begin
              Fahrenheit := 1.8 * Celcius + 32;
              Writeln(Celcius:8:2, Fahrenheit:14:2);
              Celcius := Celcius + 0.25;
         End;
     Writeln('---------------------------');
End.
61.
Program Perulangan_Negatip;
Uses WinCrt;
Var
   Celcius    : Integer;
   Fahrenheit : Real;
Begin
     Writeln(' ------------------------- ');
     Writeln('|  Celcius    Fahrenheit  |');
     Writeln(' ------------------------- ');
     Celcius := 0;
     For Celcius := 15 Downto 1 do
         Begin
              Fahrenheit := 1.8 * Celcius + 32;
              Writeln(Celcius:8, Fahrenheit:14:2);
         End;
     Writeln('---------------------------');
End.
62.
Program Perulangan_Tersarang;
Uses WinCrt;
Var
   I,J : Integer;
Begin
     For I:= 1 to 10 do
         Begin
              For J:= 1 to 6 do
                  Write(I:6, J:6);
              Writeln;
         End;
End.
63.
Program Struktur_Perulangan_While_do;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     I := 0;
     While I < 5 Do
           Begin
                Writeln(I);
                I := I + 1;
           End;
End.
64.
Program Perulangan_While_do_Rata_Rata;

Uses WinCrt;

Var
   Nilai, Total, RataRata : Real;
   I, N                   : Integer;

Begin
     ClrScr;
     Write('Berapa Jumlah Data Yang Anda Masukkan ? ');
     Readln(n);
     Writeln;

     I     := 0;
     Total := 0;
     Nilai := 0;
     While i < n Do
           Begin
                i := i + 1;
                Write('Nilai data ke',i,' ? ');
                Readln(Nilai);
                Total := Total + Nilai;
           End;

               RataRata := Total/n;
              
               Writeln;
               Writeln('Total Nilai         = ',Total:8:2);Writeln;
               Writeln('Jumlah data         = ',n:4);Writeln;
               Writeln('Rata-rata nilai     = ',RataRata:8:2);Writeln;
               Writeln;
End.
65.
Program Perulangan_While_do_Rata_Rata_Komentar;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai, Total, RataRata : Real;
   I, N                   : Integer;
   Lagi, T, Jawab            : Char;
Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
           Begin
                ClrScr;
                Write('Berapa Jumlah Data Yang Anda Masukkan ? ');
                Readln(n);
                Writeln;
                I     := 0;
                Total := 0;
                Nilai := 0;
                While i < n Do
                      Begin
                           i := i + 1;
                           Write('Nilai data ke',i,' ? ');
                           Readln(Nilai);
                           Total := Total + Nilai;
                      End;
                      RataRata := Total/n;
                      Writeln;
                      Writeln('Total Nilai         = ',Total:8:2);Writeln;
                      Writeln('Jumlah data         = ',n:4);Writeln;
                      Writeln('Rata-rata nilai     = ',RataRata:8:2);Writeln;
                      Writeln;
                      Writeln('Anda Ingin Mengulang (Y/T) ? ');
                      Readln(Lagi);
                      ClrScr;
               if Lagi=T Then
                  ClrScr;
                  gotoxy(25,15);Writeln('TRIMAKASIH SEE U NEXT...!!!');            
           End;
end.
65.
Program Perulangan_While_do_Rata_Rata;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai, Total, RataRata : Real;
   I, N                   : Integer;
   Lagi                   : Char;
Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
           Begin
                ClrScr;
                Write('Berapa Jumlah Data Yang Anda Masukkan ? ');
                Readln(n);
                Writeln;
                I     := 0;
                Total := 0;
                Nilai := 0;
                While i < n Do
                      Begin
                           i := i + 1;
                           Write('Nilai data ke',i,' ? ');
                           Readln(Nilai);
                           Total := Total + Nilai;
                      End;
                      RataRata := Total/n;
                      Writeln;
                      Writeln('Total Nilai         = ',Total:8:2);Writeln;
                      Writeln('Jumlah data         = ',n:4);Writeln;
                      Writeln('Rata-rata nilai     = ',RataRata:8:2);Writeln;
                      Writeln;
                      Writeln('Anda Ingin Mengulang (Y/T) ? ');
                      Readln(Lagi);
                      ClrScr;
           End;
end.
66.
Program Repeat_Until;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     I := 10;
     Repeat
           Writeln(I);
           I := I + 1;
     Until I < 5;
End.
67.
Program Struktur_While_do;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
     I := 10;
     While I < 5 Do
           Begin
                Writeln(I);
                I := I +1;
           End;
End.
68.
Program Repeat_Until_Blok_Ststemen;
Uses WinCrt;
Var
   Celcius, Fahrenheit : Real;
Begin
     Writeln('----------------------------');
     Writeln('   Celcius     Fahrenheit   ');
     Writeln('----------------------------');
     Celcius := 0;
     Repeat
           Begin
                Fahrenheit := 1.8 * Celcius + 32;
                Writeln(Celcius:8:2, Fahrenheit:14:2);
                Celcius:= Celcius + 0.5;
           End;
     Until Celcius > 5;
     Writeln('____________________________');
End.
69.
Program Perulangan_Struktur_Repeat_Until_Tersarang;
Uses WinCrt;
var
   a,b,c        : Real;
Begin
     Writeln('==================================');
     Writeln('   Sisi A     Sisi B     Sisi C   ');
     Writeln('----------------------------------');
     a := 1;
     Repeat
           b := 0;
           Repeat
                 c := Sqrt(a*a + b*b);
                 Writeln(a:8:2, b:11:2, c:11:2);
                 b := b+5;
           Until b >25;
           a := a +1;
     Until a > 3;
     Writeln('==================================');
End.
    __________________________________________________________________________
70.
Program Struktur_if_Then;
Uses WinCrt;
Var
   NilaiUjian : Real;
   Ket        : String[11];
Begin
     Ket := 'Tidak Lulus';
     Write('Nilai yang didapat? ');
     Readln(NilaiUjian);
     If NilaiUjian > 60 Then Ket := 'Lulus';
     Writeln(ket);
End.
71.
Program Struktur_If_Then_Komentar;
Uses WinCrt;
Var
   NilaiUjian  : Real;
   Ket         : String[11];
   Lagi,T,Jawab: Char;

Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
           Begin
                Ket := 'Tidak Lulus';
                Write('Nilai yang didapat? ');
                Readln(NilaiUjian);
                If NilaiUjian > 60 Then Ket := 'Lulus';
                   Writeln(ket);
                   Writeln;  
                   Writeln('Ingin Mengulang (Y/T)? ');
                   Readln(Lagi);
                   ClrScr;
                   If Jawab=T Then
                      Writeln('Trims, see u next...!!!');
            End;
End.
72.
Program Penggunaan_Statemun_If_Then_Goto;
Uses WinCrt;
Label
     10;
Var
   R, T, Isi    : Real;
   Jawab        : Char;
Begin
     10: clrscr;
         Writeln;
         Write('Jari-jari Lingkaran ? ');
         Readln(R);
         Write('Tinggi Silinder     ? ');
         Readln(T);
         Isi := Pi * R * R * T;
         Writeln;
         Writeln('Isi Silinder = ',Isi:9:2);
         Writeln;
         Write('Menghitung Lagi (Y/T) ? ');
         Readln(Jawab);
         If (Jawab = 'Y') or (Jawab = 'y') Then
         Goto 10;
    
End.
73.
Program Sejumlah_Statemen_If_Then;
Uses WinCrt;
Var
   Pilihan      : Byte;
   R, L, T, Luas: Real;
Begin
     Gotoxy(10,2);Writeln('      <<<   PILIHAN    >>>    ');
     Gotoxy(10,4);Writeln('1. Menghitung Luas Lingkaran');
     Gotoxy(10,6);Writeln('2. Menghitung Luas Segitiga');
     Gotoxy(10,8);Writeln('3. Menghitung Luas Bujur-Sangkar');
     Gotoxy(10,10);Writeln('0.         SELESAI           ');
     Pilihan := 9;
     While (pilihan < 0) or (pilihan > 3) do
           begin
                Gotoxy(10,15);Write('Pilih nomor (0-3) ? ');Readln(Pilihan);
           end;

     ClrScr;
     If pilihan=1 Then
        Begin
             Write('Jari-jari Lingkaran ? ');
             Readln(R);
             Luas := PI * R * R;
             Writeln('Luas Lingkaran     = ',Luas:9:2);
        End;
     If Pilihan=2 Then
        Begin
             Write('Panjang sisi alas ? ');
             readln(L);
             Write('Tinggi Segitiga   ? ');
             Readln(T);
             Luas := 0.5 * L * T;
             Writeln('Luas segitiga    = ',Luas:9:2);
        End;
     If Pilihan=3 Then
        Begin
             Write('Panjang bujur sangkar ? ');
             readln(T);
             Write('Lebar Bujur sangkar   ? ');
             Readln(L);
             Luas := L * T;
             Write('Luas bujur sangkar   = ',Luas:9:2);
        End;   
End.
74.
Program Persamaan_Kuadrat_If_Then;
Uses WinCrt;
Var
   A,B,C,D,Z1,Z2,X1,X2 : Real;
   Lagi                : Char;
Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
     Begin
          A := 0;
          While A=0 Do
          Begin
               Writeln;
               Write('Nilai A ? ');Readln(A);
          End;
          Write('Nilai B ? ');Readln(B);
          Write('Nilai C ? ');Readln(C);
          Writeln;
          D := B*B - 4*A*C;
          If D=0 Then
             Begin
                  X1 := -B/(2*A);
                  Writeln('Ada 2 akar kembar, yaitu : ');
                  writeln('X1 = X2 = ',X1:9:2);
             End
             Else
             Begin
                  If D > 0 Then
                     Begin
                          X1 := (-B + Sqrt(D))/(2*A);
                          X2 := (-B - Sqrt(D))/(2*A);
                          Writeln('Ada 2 akar real berlainan, yaitu : ');
                          writeln('x1 = ',x1:9:2);
                          writeln('x2 = ',x2:9:2);
                     End
                     Else
                     Begin
                          Z1 := -B / (2*A);
                          Z2 := Sqrt(-D) / (2*A);
                          Writeln('Ada dua akar imaginair berlainan, yaitu : ');
                          Writeln('X1 = ',Z1:9:2,' + ',Z2:9:2,'i');
                          Writeln('X2 = ',Z1:9:2,' - ',Z2:9:2,'i');
                     End
             End;
             Writeln;
             Write('Menghitung Lagi (Y/T) ? ');
             readln(Lagi);
             ClrScr;
     End;
End.
75.
Program Struktur_Case_Of;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai : Char;
Begin
     Writeln('   GUNAKAN HURUF BESAR     ');
     Writeln('Nilai Huruf Yang Didapat ? ');
     Readln(Nilai);
     case Nilai of
          'A'  : writeln('Sangat baik');
          'B'  : writeln('baik');
          'C'  : writeln('Cukup');
          'D'  : writeln('Kurang');
          'E','F' : writeln('Gagal');
     end;
End.
76.
Program Case_Of_Calculator;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai1, Nilai2, Hasil : Real;
   Operasi               : Char;
  
Begin
     ClrScr;
     Hasil := 0;
     Writeln('Operasi : | + | - | * | / |');
     Writeln;
     Writeln('Masukkan Nilai Dan Pilih Operasi Anda');
     Writeln('   N1 __  OP __ N2___  =    Hasil');
     Gotoxy(1,5);Writeln('[     ]');
     Gotoxy(10,5);Writeln('[ ]');
     Gotoxy(15,5);Writeln('[    ]');
     gotoxy(24,5);Writeln('=');
     Gotoxy(28,5);Writeln('[     ]');   

     Gotoxy(2,5);Readln(Nilai1);
     Gotoxy(11,5);Readln(Operasi);
     Gotoxy(16,5);Readln(Nilai2);

     Case Operasi Of
          '+' : Hasil := Nilai1 + Nilai2;
          '-' : Hasil := Nilai1 - Nilai2;
          '*' : Hasil := Nilai1 * Nilai2;
          '/' : Hasil := Nilai1 / Nilai2;
     End;

     Gotoxy(29,5);Writeln(Hasil:2:2);
End.
77.
Program Case_Of_Pembelian_Potongan;
Uses WinCrt;
Var
   Pembelian, Potongan : Integer;
Begin
     Writeln('Total Pembelian ? ');Readln(Pembelian);
     Writeln;
     Case Pembelian Of
          0..1000       : Potongan := 10;
          1001..10000 : Potongan := 500;
          10001..30000: Potongan := 2000;

     End;
     Writeln;
     Writeln('Jumlah Pembelian  = Rp',Pembelian:10);
     Writeln('Potongan          = Rp',Potongan:10);
     Writeln('                    -----------');
     Writeln('Jumlah dibayar    = Rp',Pembelian - Potongan:10);
End.
78.
Program Case_Of_Pilihan_Menu;
Uses WinCrt;
Var
   Pilihan                    : Byte;
   R,L,T,P,A,S,Luas,Volume    : Real;
   Lagi                       : Char;
Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
Begin
     ClrScr;
     Writeln('SELAMAT DATANG DI PROGRAM LUAS DAN VOLUME BANGUN');
     Writeln;
     Gotoxy(16,2);Writeln('PILIHAN');
     Gotoxy(12,3);Writeln('1. Luas Lingkaran');
     Gotoxy(14,4);Writeln('2. Luas Segitiga');
     Gotoxy(16,5);Writeln('3. Luas Bujur Sangkar');
     Gotoxy(18,6);Writeln('4. Volume Kubus');
     Gotoxy(20,7);Writeln('5. Volume Balok');
     Gotoxy(22,8);Writeln('6. Volume Tabung');
     Gotoxy(24,9);Writeln('0. SELESAI');
     Writeln;

     Pilihan :=9;
     While (Pilihan < 0) Or (pilihan > 6) do
       Begin
            Gotoxy(10,10);Writeln('Pilih Nomer (0-6) ?');Readln(Pilihan);
       End;
       ClrScr;

       Case Pilihan Of

       1: Begin
               Write('Jari-Jari Lingkaran ? ');Readln(r);
               Luas := Pi * r * r;
               Writeln('Luas Lingkaran = ',Luas:2:2);
          End;
       2: Begin
               Write('Panjang Alas ? ');Readln(a);
               Write('Tinggi Segitiga ? ');Readln(t);
               Luas := 0.5 * a * t;
               Writeln('Luas Segitiga = ',Luas:2:2);
          End;
       3: Begin
               Write('Panjang Bujur Sangkar ? ');Readln(p);
               Write('Lebar Bujur Sangkar ? ');Readln(l);
               Luas := P * l;
               Writeln('Luas Bujur Sangakar = ',Luas:2:2);
          End;
       4: Begin
               Write('PanJang Sisi ? ');Readln(s);
               Volume := s * s * s;
               Writeln('Volume Kubus ? ',Volume:2:2);
          End;
       5: Begin
               Write('Panjang Balok ? ');Readln(p);
               Write('Lebar Balok ? ');Readln(l);
               Write('Tinggi Balok ? ');Readln(t);
               Volume := p * l * t;
               Writeln('Volume Balok = ',Volume:2:2);
          End;
       6: Begin
               Write('Jari-Jari Tabung ? ');Readln(r);
               Write('Tinggi Tabung ? ');Readln(t);
               Volume := Pi * r * r * t;
               Writeln('Volume Tabung = ',Volume:2:2);
          End;
          End;
          Writeln;
          Writeln('Ingin Mengulang (Y/T) ? ');Readln(Lagi);
          ClrScr;
   End;   
End.
79.
Program Case_Of_Pilihan_Menu;
Uses WinCrt;
Var
   Pilihan                     : Byte;
   R,L,T,P,A,S,B,d1,d2,Luas    : Real;
   Lagi                        : Char;
Begin
     Lagi := 'Y';
     While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
Begin
     ClrScr;
     Writeln('SELAMAT DATANG DI PROGRAM LUAS');
     Writeln;
     Gotoxy(16,2);Writeln('PILIHAN');
     Gotoxy(12,3);Writeln('1. Luas Lingkaran');
     Gotoxy(14,4);Writeln('2. Luas Segitiga');
     Gotoxy(16,5);Writeln('3. Luas Bujur Sangkar');
     Gotoxy(18,6);Writeln('4. LuasPersegi Panjang');
     Gotoxy(20,7);Writeln('5. Luas Jajaran Genjang');
     Gotoxy(22,8);Writeln('6. Luas Belah Ketupat');
     Gotoxy(24,9);Writeln('7. Luas Layang-Layang');
     Gotoxy(26,10);Writeln('8. Luas Trapesium');
     Gotoxy(28,11);Writeln('0. SELESAI');
     Writeln;

     Pilihan := 9;
     While (Pilihan < 0) Or (pilihan > 8) do
       Begin
            Gotoxy(10,12);Writeln('Pilih Nomer (0-8) ?');Readln(Pilihan);
       End;
       ClrScr;

       Case Pilihan Of

       1: Begin
               Write('Jari-Jari Lingkaran ? ');Readln(r);
               Luas := Pi * r * r;
               Writeln('Luas Lingkaran = ',Luas:2:2);
          End;
       2: Begin
               Write('Panjang Alas ? ');Readln(a);
               Write('Tinggi Segitiga ? ');Readln(t);
               Luas := 0.5 * a * t;
               Writeln('Luas Segitiga = ',Luas:2:2);
          End;
       3: Begin
               Write('Panjang Bujur Sangkar ? ');Readln(p);
               Write('Lebar Bujur Sangkar ? ');Readln(l);
               Luas := P * l;
               Writeln('Luas Bujur Sangakar = ',Luas:2:2);
          End;
       4: Begin
               Write('PanJang ? ');Readln(p);
               Write('Lebar ? ');Readln(l);
               Luas := p * l;
               Writeln('Luas Persegi Panjang ? ',Luas:2:2);
          End;
       5: Begin
               Write('Panjang alas ? ');Readln(p);
               Write('Tinggi ? ');Readln(t);
               Luas := a * t;
               Writeln('Luas Jajaran Genjang = ',Luas:2:2);
          End;
       6: Begin
               Write('Diagonal 1 ? ');Readln(r);
               Write('Diagonal 2 ? ');Readln(t);
               Luas := 0.5 * d1 * d2;
               Writeln('Luas Belah Ketupat = ',Luas:2:2);
          End;
       7: Begin
               Write('Diagonal 1 ? ');Readln(d1);
               Write('Diagonal 2 ? ');Readln(d2);
               Luas := 0.5 * d1 * d2;
               Writeln('Luas Layang-Layang = ',Luas:2:2);
          End;
       8: Begin
               Write('Panjang alas ? ');readln(a);
               Write('Panjang Bangun Atas ? ');Readln(b);
               Write('Tinggi Bangun ? ');Readln(t);
               Luas := (a +  b) / 2 * t;
               Writeln('Luas Trapesium = ',Luas:2:2);
          End;
          End;
          Writeln;
          Writeln('Ingin Mengulang (Y/T) ? ');Readln(Lagi);
          ClrScr;
   End;   
End.
80.
Program Merangakai_Nilai_string;
Uses WinCrt;
Const
     Jenis = 'Khoirul Arif';
     Nama  = 'Misbach Putro';
Var
   Sifat    : String[20];
   Kalimat  : String[80];
Begin
     Sifat := 'baik Dan Pendiam';
     Kalimat := Jenis+' '+Nama+' '+'Adalah Anak '+Nama+' '+Sifat;
     Writeln(Kalimat);
End.
81.
Program Penyeleksian_Kondisi_Ungkapan_String;
Uses WinCrt;
Var
   NamaBahasa : String[20];
Begin
     Write('Bahasa apa yang anda pergunakan ? ');
     Readln(NamaBahasa);
     If NamaBahasa = 'Pascal' Then
        Writeln('Benar !!!')
     Else
         Writeln('Salah !!!');
End.
82.
Program Seleksi_String_Kode_ASCII;
Uses WinCrt;
Var
   NamaAnda, NamaTeman : String[30];
Begin
     Write ('Nama Anda ? ');Readln(NamaAnda);
     Write('Nama Teman ? ');Readln(NamaTeman);
     If NamaAnda = NamaTeman Then
        Write('Nama Anda Sama Dengan Nama Teman Anda');
     If NamaAnda < NamaTeman Then
        Write('Nama Anda Urutannya Lebih Kecil Dari Teman Anda');
     If NamaAnda > NamaTeman Then
        Write('Nama Anda Urutannya Lebih Besar Dari Teman Anda');
End.
83.
Program Prosedur_Standart_Delete;
Uses WinCrt;
var
   Bahasa               : String[14];
   Urutan, Posisi       : Integer;
Begin
     Bahasa     := 'Khoirul Arifin';
     For Urutan := 1 to 14 do
     Begin
          Posisi := 16 - Urutan;
          Delete(Bahasa, Posisi, 1);
          Writeln(Bahasa);
     End;
End.
84.
Program Prosedur_Standar_Insert;
Uses WinCrt;
Var
   Nama : String[20];
Begin
     Nama := 'Khoirul Arifin MP';
     Writeln(Nama);
     Insert('.',Nama, 17);
     Writeln(Nama);
End.
85.
Program Prosedure_Standar_Str;
Uses WinCrt;
Var
   Nilai1, Nilai2 : Integer;
   X1, X2         : String[5];
Begin
     Nilai1 := 1234;
     Nilai2 := 567;
     Writeln(Nilai1+Nilai2);
     Str(Nilai1:4,X1);
     Str(Nilai2:4,X2);
     Writeln(X1+X2);
End.
86.
Program Prosedur_Standar_Val;
Uses WinCrt;
Var
   NilaiString   : String[6];
   NilaiReal    : Real;
   PosisiSalah  : Integer;
Begin
     NilaiString        := '123.45';
     Val(NilaiString, NilaiReal, PosisiSalah);
     Writeln('Nilai string : ',NilaiString);
     Writeln('Nilai Real   : ',NilaiReal);
     Writeln('Posisi Salah : ',PosisiSalah);
End.
87.
Program Prosedur_Standar_Val_ilai_Salah;
Uses WinCrt;
Var
   NilaiString   : String[6];
   NilaiReal    : Real;
   PosisiSalah  : Integer;
Begin
     NilaiString        := '123.K5';
     Val(NilaiString, NilaiReal, PosisiSalah);
     Writeln('Nilai string : ',NilaiString);
     Writeln('Nilai Real   : ',NilaiReal);
     Writeln('Posisi Salah : ',PosisiSalah);
End.
88.
Program Fungsi_Standar_Copy;
Uses WinCrt;
Var
   Karakter     : String[26];
Begin
     Karakter := 'ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ';
     Writeln(Karakter);
     Writeln(Copy(Karakter,5,3));
     Writeln(Copy(Karakter,10,13));
     Writeln(Copy(Karakter,1,26));
End.
__________________________________________________________________________-
89.
Program Standar_Copy_Untuk_Animasi_Karakter;
Uses WinCrt;
Var
   Kalimat     : String[12];
   Huruf        : Char;
   I,J          : Integer;
Begin
  Kalimat := 'Turbo Pascal';
 
    For i:= 1 to 13 Do
      Begin
         Writeln(Copy(Kalimat,I,1));
          For J:= 79 DownTo 33+I Do
            Begin
              Gotoxy(J,10);
              Writeln(Huruf,' ');
            End;
      End;
End.
90.
Program Standar_ConCat;
Uses WinCrt;
Const
     Nama = ' "Rumahku....... "';
     Dll  ='Adalah Surgaku';
Begin
     Writeln(ConCat('Pribahasa ',Nama,' Terusannya ',Dll));
End.
91.
Program Fungsi_Standar_Pos;
Uses WinCrt;
Const
    Alphabetik = 'ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ';
    Kar1       = 'FGHI';
    Kar2       = 'F';
    Kar3       = 'JUGA';
    Kar4       = 'DCB';
    Kar5       = 'PQRST';
Begin
  Writeln(Alphabetik);
  Writeln;
  Writeln(kar1,' ada di posisi ke ',pos(kar1,Alphabetik));
  Writeln(kar2,' ada di posisi ke ',pos(kar2,Alphabetik));
  Writeln(kar3,' ada di posisi ke ',pos(kar3,Alphabetik));
  Writeln(kar4,' ada di posisi ke ',pos(kar4,Alphabetik));
  Writeln(kar5,' ada di posisi ke ',pos(kar5,Alphabetik));
End.
92.
Program Fungsi_Pos_Jawaban;
Uses WinCrt;
Var
   Feet, Meter : Real;
   Lagi        : Char;
Begin
   Lagi := 'Y';
   While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
   Begin
      Writeln;
      Write('Berapa Feet ? ');
      Readln(Feet);
      Meter := Feet * 3.281;
      Writeln(Feet:7:2,' Feet dalah ',Meter:9:3,' meter');
      Writeln;
      Lagi := ' ';
      While Pos(Lagi,'YyTt') = 0 do
      Begin
         Write('Menghitung Lagi (Y/T)? ');
         Readln(Lagi);
      End;
   End;
End.
93.
Program Fungsi_Pos_Jawaban;
Uses WinCrt;
Var
   Feet, Meter, Inch, cm, mm : Real;
   Lagi        : Char;
Begin
   Lagi := 'Y';
   While (Lagi='Y') or (Lagi='y') do
   Begin
      Writeln;
      Write('Berapa Feet ? ');
      Readln(Feet);
      Writeln;
      Write('Berapa Inch ? ');
      Readln(Inch);
      Writeln;
      Meter := Feet * 3.281;
      Writeln(Feet:7:2,' Feet adalah ',Meter:9:3,' meter');
      Writeln;

      cm := Inch * 2.54;
      Writeln(Inch:7:2,' Inch adalah ',cm:9:3,' cm');
      Writeln;

      Lagi := ' ';
      While Pos(Lagi,'YyTt') = 0 do
      Begin
         Write('Menghitung Lagi (Y/T)? ');
         Readln(Lagi);
         ClrScr;
      End;
   End;
End.
94.
Program Standar_Length;
Uses WinCrt;
Var
   Nama_Anda : String[50];
Begin
   Write ('Masukkan Nama Anda ? ');
   Readln(Nama_Anda);
   Writeln('Panjang Nama Anda Adalah ',Length(Nama_Anda),' Karakter');
End.
95.
Program Run_Time_Error;
Uses WinCrt;
Var
   N, I, Faktorial : Integer;
Begin
   Writeln('Berapa Faktorial ? ');Readln(N);
   Faktorial := 1;
   For I:= 2 to n do Faktorial := Faktorial * I;
   Writeln;
   Writeln(N,' Faktorial = ',Faktorial);
End.
96.
Program Run_Time_Error_Diabaikan;
Uses WinCrt;
Var
   N, I, Faktorial : Integer;
   HasilIO         : Integer;
Begin
   Repeat
   {$I-}
   Writeln('Berapa Faktorial ? ');Readln(N);
   {$I+}

   HasilIO := IOResult;
   If HasilIO <> 0 Then
      Writeln('Data yang dimasukkan salah, ulangi !!!');

   Until HasilIO = 0;

   Faktorial := 1;
   For I:= 2 to n do Faktorial := Faktorial * I;
   Writeln;
   Writeln(N,' Faktorial = ',Faktorial);
End.
97.
Program Menunggu_Tekan_Tombol_Enter;
Uses WinCrt;
Begin
   Write('Tekanlah Tombol Enter...');Readln;
   ClrScr;
   Writeln('Halo apa Kabar ? ');
End.
98.
Program Menunggu_Tekan_Tombol_Sembarang;
Uses WinCrt;
Var
   I : Integer;
Begin
   While Not KeyPressed Do
         Writeln('Tekan Tombol Sembarang Untuk Berhenti ...');
End.
99.
Program Keypressed_Mempertahankan_tampilan_Layar;
Uses WinCrt;
Var
   X : Integer;
Begin
   Clrscr;
   Writeln('----------------------');
   Writeln('   X    X^2    X^3    ');
   Writeln('----------------------');
   For X:=1 to 30 do
      Begin
         If X=16 Then
         Begin
            Writeln;
            Writeln('Tekan sembarang tombol ...');
            Repeat Until Keypressed;
            Clrscr;
            Writeln('-----------------------');
            Writeln('   x    x^2    x^3     ');
            Writeln('-----------------------');
         End;
         Writeln(x:4,x*x:6,x*x*x:8);
      End;
End.
100.
Program Fungsi_standar_keypressed;
Uses WinCrt;
Var
   Tekan : Char;
Begin
   writeln('hallo apa kabar ? ');
   writeln;
   writeln('tekan sembarang tombol untuk mengetahui nama saya ...!!!');
   tekan := readkey;
   writeln;
   writeln('nama saya adalah Khoirul arief misbach putro');
end.
101.
Program Fungsi_standar_keypressed_memasukkan_tanpa_terlihat;
Uses WinCrt;
Var
   Tekan : Char;
Begin
   writeln;
   writeln('tekan sembarang tombol ...!!!');
   tekan := readkey;
   writeln;
   writeln('Yang anda tekan adalah tombol ',tekan);
end.
         --------------------------------------BERSAMBUNG -----------------------------------------